Tana Paser (Antaranews Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Pertanian setempat  pada tahun 2018 mendapat bantuan mesin pompa air sebanyak  95 unit  dari pemerintah pusat  diperuntukan bagi kelompok tani  yang berada di sejumlah kecamatan.

Kepala Seksi Pupuk, Alat dan Mesin pada Dinas Pertanian Paser Heru Yulianto mengatakan,  95 unit mesin pompa air tersebut  merupakan bantuan yang anggarannya berasal dari APBN 2018.

"Dari  95 unit bantuan pompa air tersebut 35 unit di antaranya berasal bantuan aspirasi anggota DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Kaltim dan selebihnya berasal adari  APBN murni,"ujar Heru, Rabu (9/5).

Adapun penerima bantuan  tersebut adalah kelompok tani, Usaha Penyedia Jasa Alat Pertanian, Gabungan Kelompok Tani dari beberapa kecamatan yang potensial pertanian seperti Kecamatan Long Kali, Long Ikis, Tanah Grogot dan Kecamatan Paser Belengkong.

Menurut Heru sebelum diserahkan bantuan mesin pompa , saat ini sedang dilakukan verifikasi  kepada penerima bantuan  agar tidak salah sasaran  dan penyerahan secepatnya dilakukan  kepada para kelompok tani  yang tersebar di Kabupaten Paser.

Diharapkan dengan adanya bantuan mesin pompa air akan memudahkan petani untuk mengaliri lahannya terutama pada saat-saat musim kemarau atau kering. Selain itu dengan adanya mesin pompa  dapat membantu percepatan tanam dan pengolah lahan pertanian. 

"Kami  berharap setelah petani  menggunakan masin pompa air terjadi peningkatan, pola tanam, produktivitas dan pendapatan usahatani,"katanya. 

Lanjut Heru jika  terjadi peningkatan produksi  dan  usaha tani  serta pendapatan, maka otomatis kesejahteraan  para petani akan meningkat pula.(*/Kominfo Paser)


 

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018