Samarinda (Antaranews Kaltim) - Provinsi Kaltim dan Kaltara secara bersamaan menetapkan juara Duta Generasi Berencana masing-masing empat kategori yang penilaiannya dilakukan selama empat hari pada 18-21 April 2018 di Samarinda.

"Selama penilaian yang dimulai tanggal 18 sampai 21 April, kemudian dilanjutkan ke grand final pada 22 April. Alhmadulilah prosesnya lancar dan para juri berhasil menetapkan juaranya," ujar Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim Eli Kusnaeli di Samarinda, Minggu.

Prosesi pemilihan Duta Genre terbagi menjadi lima tahap, yaitu pembekalan, wawancara, dan presentasi poster dari masing-masing peserta, kunjungan ke sekolah, malam bakat peserta, dan grand final.

Dari berbagai aspek penilaian, tim juri menyepakati bahwa pemenang Duta Genre untuk Provinsi Kaltim Jalur Pendidikan kategori putra adalah Hendra Abdul Karim dari Kota Samarinda.

Peringkat kedua adalah Rifqi Ramadani Husna dari Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Arvrinda Firdaus Pronggo dari Kota Balikpapan di posisi ketiga.

Untuk kategori putri, juara pertama Dewi Angelia Daniel dari Kota Samarinda, disusul Siti Hartina Rahim dari Kabupaten Paser, dan Indah Wulan Permata Sari dari Kabupaten Berau masing-masing di posisi kedua dan ketiga.

Provinsi Kaltim Jalur Masyarakat kategori putra, juara pertama Abizar Yogyananda Utama dari Berau, posisi kedua Agil Dwi Yulianto (Kota Bontang) dan peringkat ketiga Bayu Saputra (Kabupaten Paser).

Sedangkan di kategori putri, juara pertama Nur Azizah Wardani dari Paser, peringkat kedua Riski Amelia (Samarinda) dan posisi ketiga Ayu Iriani (Berau).

Sedangkaan untuk Provinsi Kaltara adalah Jalur Pendidikan kategori putra, juara pertama M Raihan Rifaldi dari Kota Tarakan, disusul Jasmin dari Kabupaten Nunukan di posisi kedua.

Adapun kategori putri dimenangkan Fanny Fernita dari Kabupaten Malinau dan peringkat kedua Nadya Febby Lelunny (Kota Tarakan).

Provinsi Kaltara Jalur Masyarakat kategori putra, juara pertama Arman dari Tarakan, uruta  kedua Melkianus Iki Kolir (Kabupaten Nunukan). Sedangkan kategori putri, juara pertama Pramesti Enggar Pramita dari Tarakan, kemudian Lician Lisna Lilian dari Nunukan di peringkat kedua.

Sedangkan pemenang favorit putra untuk Kaltim yaitu Andi Muhammad Alhaq dari Bontang dan favorit putri adalah Rahmah Safitri (Balikpapan). Sedangkan untuk Kaltara pemenang favorit putra yaitu Oki Tri Wanto Oinel (Malinau) dan favorit putri adalah Rahimah (Nunukan).

Ia mengatakan bahwa tim juri adalah Hartini dari BKKBN Kaltim, Coirul Anam Taufik dari Lingkar Cita Foundation, Sihabudin dari Dinas Kependudukan PP & PA Kaltim, Rusman Efendi dari Koordinator BKKBN Kaltara, dan Zulmy Nizar yang merupakan praktisi fashion.

"Para juara Duta Genre ini, tugas mendatang antara lain harus mampu menjadi motivator bagi generasinya, kemudian menyosialisasikan dan mempromosikan program Genre di lingkungan remaja agar mereka menjadi generasi berkualitas dan tidak terjerumus dalam pergaulan negatif," ujar Eli. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018