Tana Paser (Antaranews Kaltim)- Kecamatan Tanah Grogot berhasil meraih juara umum pada lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an  (MTQ) ke-43 tahun 2018 tingkat kabupaten Paser  yang berlangsung selama sepekan di Kecamatan paser Belengkong.

"Kepada para kafilah dari berbagai kecamatan yang telah meraih juara saya ucapakan selamat dan dan semoga prestasi ini bisa dilanjutkan pada  lomba MTQ tingkat Provinsi Kaltim di Kabupaten Berau  pada 2 Mei mendatang,"kata Bupati Paser,Yusriansyah Sarkawi di Kecamatan Paser Belengkong.

Selain itu juga dia memberikan penghargaan kepada panitia penyelenggara, Pemerintah Kecamatan, warga Paser Belengkong dan semua pihak yang telah berkontribusi mensukseskan penyelenggaran MTQ ke-43, sehingga berjalan dengan baik.

Ia mengatakan semangat bermusabaqah untuk meraih prestasi agar jangan sampai menggeser niat ikhlas mensiarkan ajaran agama Islam, membudayakan membaca Al-Qur’an  dan penyelenggaran MTQ dapat memberi dampak signifikan dalam kehidupan bermasyarakat Kabupaten Paser.

"Suasana religius pada MTQ ke-43 ini tetap dipelihara dan dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga semangat religius di masyarakat dapat berdampak pada kehidupan yang lebih baik  sesuai motto Kabupaten Paser "Olo Manin Aso Buen Si Olo Ndo” artinya hari esok harus lebih baik dari hari ini," kata Yusriansyah.

Dia juga berpesan kepada peserta MTQ yang belum meraih prestasi, agar berlatih lebih giat dan memacu diri untuk berprestasi di MTQ selanjutnya.

“Semoga penyelenggarana MTQ ini dapat menjadi wawasan dan cinta kita kepada kitab suci Al-Qur’an yang merupakan tuntutan agama. Kita semua berharap suasana religius pada MTQ ke-43 ini tetap dipelihara dan dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Yusriansyah Sarkawi.

Ketua Panitia MTQ sekaligus Camat Paser Belengkong Ibnu Mansyah  menjelaskan penyelenggaraan MTQ ke-43 sebanyak tujuh cabang dilombakan. Tujug cabang lomba tersebut adalah tilawatil Qur’an, Tahfidz Qur’an, tafsir, khattil Qur’an, fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, dan Musabaqah Makalah Qur’an (MMQ).

"MTQ ke 43  tingkat Kabupaten Paser  ini diikuti sebanyak 276 peserta  yang berasal dari 10 Kecamatan  yang ada di Kabupaten Paser," katanya.

Ibnu Mansyah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan para kafilah yang mengikuti MTQ ke-43 di Kecamatan Paser Belengkong. Dia juga menyatakan penyelenggaraan MTQ tahun ini sekaligus momen terakhir bagi  dia  menjabat  sebagai Camat Paser Belengkong yang akan memasuki masa pensiun pada awal 2019.

“Saya mengucapkan permohonan maaf kepada masyarakat apabila selama menjabat terdapat kekurangan dan kesalahan,” pungkas Ibnu Mansyah.

Sekadar diketahui bahwa setelah penyelenggaraan MTQ ke-43 tingkat Kabupaten Paser tahun 2018 dilaksanakan di Kecamatan Paser Belengkong, Pemerintah Kabupaten Paser merencanakan MTQ  berikutnya yang ke-44 tingkat Kabupaten Paser 2019 di Kecamatan Kuaro. (*/Kominfo Paser)


 

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018