Balikpapan (Antaranews Kaltim) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara memajukan sejumlah jadwal pemeliharaan jaringan di seluruh wilayah distribusinya guna mendukung kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer 2018.

"Agar saat ujian nasional nanti tidak ada lagi jadwal pemadaman karena pemeliharaan," jelas Deputi Manager Hukum dan Humas PLN Kaltimra Wijayanto Nugroho di Balikpapan, Kamis.

Secara lebih khusus lagi, katanya, agar tidak ada jadwal pemeliharaan di lingkungan yang memiliki sekolah sedang menggelar ujian nasional tersebut.

Ia menambahkan, pemeliharaan jaringan yang biasanya memerlukan pemadaman listrik selama beberapa jam itu diintensifkan selama bulan Maret ini.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) akan diselenggarakan pada April 2018. Karena menggunakan komputer sebagai perangkat utama ujian maka pasokan listrik menjadi hal yang sangat penting.

Wijayanto juga menambahkan bahwa PLN Wilayah Kaltimra juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan tentang pasokan listrik ke sekolah-sekolah yang menggelar UNBK.

"Dinas Pendidikan setempat memberikan data mengenai lokasi sekolah, kebutuhan listriknya, dan lain-lain teknis. Dari situ kami akan menyiagakan tim untuk memastikan pasokan listriknya lancar dan seandainya terjadi gangguan bisa segera diatasi," jelas Wijayanto.

Menurut ia, dengan kondisi pasokan listrik yang berlebih saat ini, maka hampir dipastikan tidak akan terkendala dari sisi tersebut.

"Walaupun masih selalu ada kemungkinan gangguan pasokan dari kondisi alam, seperti hujan dan angin," tambah Wijayanto.

Untuk itulah, PLN memastikan jaringan distribusi yang dimiliki saat ini dalam kondisi prima dengan pemeliharaan terjadwal tersebut.

Wijayanto mengatakan bahwa pemeliharaan tersebut merupakan langkah pencegahan sekaligus juga pemeriksaan untuk memastikan keadaan jaringan betul-betul dalam kondisi yang baik.

"Harapan kami, harapan kita semua, pasokan listrik lancar dan UNBK berlangsung sukses," tegasnya.

Mengutip data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pelaksanaan UNBK untuk jenjang SMK pada 2-5 April, kemudian untuk SMA/MA pada 9-12 April, dan ujian susulan SMK/SMA/MA pada 17-18 April.

Sedangkan untuk jenjang SMP/MTs, jadwal UNBK diselenggarakan pada 23-26 April dan ujian susulannya pada 8-9 Mei. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018