Balikpapan (Antaranews Kaltim) - PT Bank Danamon Tbk Regional Kalimantan memanfaatkan aplikasi digital untuk menarik masyarakat menjadi nasabah dan memanfaatkan penawaran kredit bank itu.

"Ada aplikasi Danamon Financial atau D-Financial," kata Kepala Regional Kalimantan Bank Danamon Eka Dinata di Balikpapan, Kamis.

Menurut dia, dengan aplikasi itu, calon nasabah, nasabah dan mitra Bank Danamon dapat melihat langsung laporan neraca sederhana Bank Danamon. Mereka juga dapat melihat simulasi pinjaman.

"Tentu aplikasi ini sangat membantu calon nasabah," kata Eka.

Pengembangan itu juga didasari adanya perubahan gaya hidup masyarakat nasabah, di mana penggunaan telepon cerdas sudah meliputi seluruh lapisan masyarakat. Masyarakat menggunakan telepon cerdas atau smartphone untuk menyelesaikan banyak pekerjaan, termasuk di antaranya transaksi perbankan.

Karena itu, lanjut Eka, teknologi digital dan segala inovasinya menjadi satu fokus konsentrasi Bank Danamon pada tahun 2018.

Di sisi lain, untuk Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Bank Danamon juga akan fokus pada pengembangan di sektor perdagangan hingga jauh ke wilayah-wilayah di perbatasan dengan Malaysia.

"Sejauh ini kami sudah punya cabang di Malinau, di Tarakan, sampai Nunukan. Di Tarakan bahkan ada dua kantor cabang," lanjut Eka.

Di kawasan itu, Danamon banyak memberikan kredit untuk usaha perdagangan, termasuk di dalamnya perdagangan hasil-hasil sumber daya alam selain dari barang-barang konsumsi.

Eka bahkan memuji nasabahnya di kawasan perbatasan itu, yang disebutnya sebagai nasabah yang performa kreditnya sangat sehat.

"Mereka disiplin dengan angsurannya sehingga performa cabang-cabang kami di perbatasan itu cukup baik," kata Eka Dinata. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018