Tana Paser (Antaranews Kaltim) - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Paser menanam 1.000 bibit pohon di kawasan perkemahan tepian sungai Kandilo Desa Sungai Tuak, Sabtu.

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten Kesra Setda Paser Asmuni Samad, Ketua Kwarcab Paser Syahrudin Yahya, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Paser Ishak, dan Camat Tanah Grogot Siti Makkiyah.

“Kegiatan ini dalam rangka menghijaukan kembali lahan yang gundul serta upaya menjaga kelestarian lingkungan,” kata Ketua Kwarcab Paser Syahrudin Yahya.

Bibit pohon yang ditanam terdiri dari beberapa jenis tanaman, baik tanaman pelindung maupun buah-buahan.

Selain dalam rangka menghijaukan kembali lahan yang sudah gundul, lanjut ia, kegiatan itu juga sebagai contoh gerakan peduli lingkungan yang perlu diikuti oleh anggota pramuka di setiap ranting di sekolah-sekolah.

“Supaya bisa menjadi contoh anggota pramuka di setiap ranting. Tanaman yang ditanam ini akan terus dicek dan dijaga. Karena nantinya juga bagus untuk kegiatan perkemahan,” katanya.

Sementara itu, Asisten Kesra Setda Paser Asmuni Samad mengatakan kegiatan penanaman pohon sangat bermanfaat bagi lingkungan, mengingat pohon merupakan sumber oksigen dan sumber kehidupan bagi lingkungan.

“Kegiatan ini sangat baik, karena pohon ini merupakan sumber oksigen bagi manusia,” kata Asmuni.

Selain itu juga, kata Asmuni, kehadiran tanaman juga akan lebih memperindah lingkungan sekitar terlihat asri dan nyaman.

Asmuni mengatakan, taman Siring Kandilo yang lokasinya berada di seberang lokasi penanaman pohon tersebut, juga ada baiknya ditanami pohon-pohon guna menambah keindahan dan keasrian taman yang sudah ada.

“Taman di Siring Kandilo juga perlu ditambah lagi tanam pohon agar lebih indah dan asri. Bisa juga ditanami pohon pelindung maupun pohon yang memiliki nilai ekonomis,” kata Asmuni. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018