Samarinda (Antaranews Kaltim) - Pasangan bakal calon gubernur Andi Sofyan Hasdam dan bakal calon wakil gubernur Nusyirwan Ismail menjadi pasangan kedua yang resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah Kalimantan Timur 2018.

Mantan Wali Kota Bontang Sofyan Hasdam dan Wakil Wali Kota Samarinda Nusyirwan menyerahkan berkas pendaftaran ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltim pada Rabu sekitar pukul 14.00 Wita, dengan didampingi sejumlah pengurus, Partai Golkar dan Nasdem serta ratusan kader dan simpatisan.

Rombongam Hasdam-Nursyiwan berangkat dari kantor DPD Partai Golkar Kaltim di Jalan Mulawarman Samarinda dan kemudian singgah di Masjid Raya Darussalam untuk melaksanakan sholat dhuhur berjamaah, baru kemudian menuju kantor KPU di Jalan Basuki Rahmad Samarinda.

Duet Sofyan Hasdam-Nursyiwan Ismail maju Pilgub Kaltim dengan dukungan koalisi Partai Golkar (13 kursi) dan Partai Nasdem (tiga kursi).

Dengan kepemilikan 13 kursi di DPRD Kaltim, partai berlambang pohon beringin itu sebenarnya bisa langsung mengusung pasangan calon tanpa harus berkoalisi.

Namun, perkembangan politik di Kaltim yang dinamis dalam beberapa hari jelang pendaftaran, Partai Golkar akhirnya menggandeng kader Partai Nasdem Nusyirwan Ismail untuk bergandengan bertarung memperebutkan kursi gubernur dan wagub periode 2018-2023.

Komisioner KPU Kaltim Rudiansyah mengatakan bahwa berkas pendaftaran yang disampaikan pasangan Hasdam-Nusyirwan telah memenuhi persyaratan, seperti surat dukungan parpol yang telah mendapatkan tanda tangan dari masing-masing ketua dan sekretarisnya.

"Memang untuk surat dukungan Partai Golkar Kaltim sempat kami tanyakan dulu kepada pengurus pusat, karena ada perubahan nama ketua dari Rita Widyasari ke Sofyan Hasdam sebagai Plt (pelaksana tugas)," jelas Rudi.

Setelah dinyatakan lengkap, pasangan Hasdam-Nusyirwan berhak menerima tanda terima pendaftaran sekaligus tiket untuk menjalani tes kesehatan.

Pasangan Sofyan Hasdam-Nusyirwan Ismail merupakan peserta kedua Pilkada Kaltim yang mendaftar ke KPU pada hari terakhir masa pendaftaran bakal calon, setelah pasangan Isran Noor-Hadi Mulyadi mendaftar pertama pada Senin (8/1).

baca: Isran-Hadi Resmi Daftar Pilgub Kaltim 2018

Pada hari terakhir pendaftaran ini, dijadwalkan masih ada dua bacagub-bacawagub yang akan mendaftarkan diri, yakni pasangan Rusmadi Wongso-Safaruddin sekitar pukul 16.00 Wita dan pasangan Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat pukul 19.00 Wita. (*)

baca: Tiga Pasangan Calon Pilgub Kaltim Daftar Hari Terakhir

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018