Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Sekretaris Provinsi  Kaltim Rusmadi mengingatkan bahwa
Aparatur Sipil Negara (ASN) agar bersikap netral dalam setiap perhelatan pemilihan kepala daerah, gubernur, bupati dan wali kotadan pemilihan presiden (Pilpres).

"Undang Undang  telah mengatur  secara jelas, ASN harus netral dalam pemilihan umum, tetapi ASN tidak boleh buta politik," kata Rusmadi pada  pengukuhan Dewan Pengurus Korpri Kota Balikpapan Periode 2017-2022 di  Balikpapan, Rabu (22/11).

Rusmadi menjelaskan maksud tidak buta politik  adalah diwujudkan dalam sikap ASN untuk mendorong pelaksanaan pemilihan umum sebagai pesta demokrasi yang mengedepankan kejujuran dan keadilan.

Kesuksesan [enyelenggaraan pemilihan umum  dapat dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat  dalam  menggunakan hak pilihnya, namun lebih dari itu, ASN juga mampu memilih pemimpin yang amanah, selalu menempatkan kepentingan rakyat, bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan kelompoknya.

ASN juga diminta untuk dapat menempatkan posisi penting dalam pesta demokrasi yang berkualitas, jujur dan tanpa tekanan.

Selain  itu Rusmadi  mengatakan dua hal sangat penting dimana Korpri harus menempatkan diri, yaitu memberikan pengabdian terbaik bagi negeri dan  Korpri harus memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan anggotanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Balikpapan, Sayid MN Fadli menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Dewan Pengurus Korpri Kaltim dan jajaran yang telah memberikan bimbingan sangat baik sehingga Korpri Balikpapan mengalami banyak kemajuan.

"Terima kasih kepada Pak Rusmadi yang selalu memberi arahan hingga kami bisa menjadi seperti sekarang. Kami selalu berkoordinasi dengan kawan-kawan pengurus Korpri Kaltim, " kata Fadli.

Motto penting yang hingga saat ini masih menjadi kendali utama Korpri Balikpapan  adalah kebersamaan yaitu dari kita, oleh kita dan untuk kita," katanya.

Sementara itu Wali Kota Balikpapan Rizal Efendi  mengatakan Pemkot Balikpapan memberi dukungan penuh untuk semua kegiatan positif Korpri Balikpapan. Namun Rizal mengingatkan agar Korpri hanya fokus mengerjakan hal-hal yang bersifat pengabdian dan peningkatan kesejahteraan anggota-anggotanya.

Ia mengungkapkan saat ini sedang  mempersiapkan ASN generasi baru di  lingkungan Pemkot Balikpapan. ASN  generasi baru  akan meninggalkan paradigma buruk tentang ASN saat ini.

"ASN di Balikpapan akan lebih berintegritas, cerdas dan berakhlak, meninggalkan paradigma lama diantaranya malas dan tidak disiplin,” kata Rizal. (Humas Prov Kaltim)




Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017