Penajam (ANTARA Kaltim) -  Tim Komisi Pemberantasan Korupsi mendatangi Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terkait pencegahan korupsi di daerah setempat.

"Kedatangan tim KPK berkenaan dengan aksi pengecekan kemajuan kinerja administrasi pemerintah kabupaten," ucap Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar ketika ditemui di Penajam, Selasa.

Sekda Kabupaten Penajam menyatakan, tim KPK tersebut datang ke "Benuo Taka" yaitu sebutan untuk Kabupaten Penajam Paser Utara, bukan dalam rangka penegakan hukum.

Tohar menjelaskan, tim KPK berencana mengunjungi seluruh daerah seluruh daerah kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Timur mulai 10 Oktober 2017.

"Kunjungan tim KPK itu untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman terkait upaya pencegahan tindak korupsi," tegas sekkab membantah isu KPK akan menggeladah Kantor Bupati Penajam Paser Utara.

Kedatangan tim KPK ke Kabupaten Penajam Paser Utara banyak dibicarakan masyarakat untuk melakukan penggeledahan kantor bupati setempat.

Ada beberapa poin utama yang menjadi perhatian tim KPK turun ke daerah menurut Tohar, di antaranya mengecek aplikasi dalam mekanisme penganggaran, peningkatan kapasitas aktif, serta informasi keterbukaan.

Selain itu juga terkait perizinan, Layanan Pengadaan Secara Elektronik atau LPSE serta pendataan aset di Kabupaten Penajam Paser Utara. (Kominfo PPU)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017