Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi menyerahkan bantuan modal sebesar Rp600 juta kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBe) di Pendopo Kabupaten, Kamis.

Penyerahan bantuan ini disaksikan Kepala Dinas Sosial Paser Amiruddin dan dihadiri para penerima Kube. Bantuan yang diserahkan itu untuk 30 kelompok yang besarnya masing-masing Rp20 juta.

Bupati Paser Yusriansyah berharap bantuan tersebut dapat membantu masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan.

"Dengan bantuan ini, masyarakat diharapkan dapat mandiri, membuka lapangan usaha sendiri seperti usaha mikro, kecil dan menengah," katanya.

Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kaltim M Yusuf mengatakan, sebelum diberikan bantuan, kelompok usaha akan diberikan bimbingan teknis pengelolaan dana dalam berusaha.

Sementara Kepala Dinas Sosial Paser Amiruddin mengatakan akan melakukan pendampingan kepada KUBe yang telah mendapatkan bantuan tersebut.

Bantuan kepada kelompok usaha tidak akan dicairkan semuanya. Dari 20 juta yang akan dicairkan, Dinas Sosial akan mencairkan terlebih dahulu 15 juta. Setelah itu akan dilakukan pendampingan dan monitor kepada KUBe untuk dilihat sejauh mana uang yang diberikan telah digunakan dengan baik. Sisa bantuan akan dicairkan 3 bulan kemudian. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017