Samarinda (ANTARA Kaltim) - Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari telah mendaftarkan diri secara resmi ke partai Nasdem Kaltim, sebagai bakal calon Gubernur Kalimantan Timur untuk pemilu kepala daerah 2018.

Rita yang juga menjabat sebagai ketua DPD Golkar Kaltim itu menyerahkan berkas formulir pendaftaran calon gubernur Kaltim di Sekretariat DPW Partai Nasdem Kaltim, Jalan Gatot Subroto, Samarinda, Selasa siang, dengan didampingi oleh tim sukses dari sejumlah pengurus dan kader Partai Golkar Kaltim.

Rombongan Rita disambut langsung oleh ketua DPW Nasdem Kaltim, Harbiansyah Hanafiah didampingi jajarannya pengurus partai dan juga anggota DPRD provinsi dan kab/kota dari Partai Nasdem.

Ketua DPW Nasdem Kaltim Harbiansyah Hanafiah mengatakan bahwa partai Nasdem mempunyai infrastruktur politik yang cukup menjanjikan khususnya untuk pemilu 2018.

Pasalnya meski partai Nasdem hanya menduduki dua kursi di DPRD Kaltim, namun faktanya Nasdem punya kader yang duduk dalam pemerintahan seperti halnya Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Bupati Kutim Ismunandar, Wakil Wali Kota Samarinda Nursyiwan dan juga Wakil Bupati Agus Tamtomo yang semuanya menjadi Dewan Pertimbangan Nasdem di tingkat kab/kota.

"Selain itu Nasdem Kaltim juga punya Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, yang juga menjabat sebagai Dewan Pertimbangan di tingkat provinsi," jelas pria yang akrab disapa Pak Haji itu.

Ia mengatakan bahwa secara personal dan kepartaian partai Nasdem telah menerima dengan lapang pencalonan Rita Widyasari, sesuai tahapan yang diatur dalam peraturan organisasi partai Nasdem.

Namun demikian, Pak Haji menegaskan bahwa keputusan final dalam penentuan calon Gubernur pada Pemilu 2018 tetap menjadi kendali pengurus Pusat.

"Ibu Rita merupakan calon pertama yang mendaftarkan resmi kepada partai Nasdem, kami mengucapkan banyak terimakasih karena sebagai pengurus partai yang besar Ibu Rita masih melirik Nasdem untuk diajak berkoalisi," katanya.

Sementara itu, Rita Widyasari mengatakan bahwa sinergi antara Golkar dengan Nasdem memang sudah terjalin di tingkat pusat, dan diharapkan juga bisa terus digulirkan di daerah.

"Pernyataan itu langsung dikemukakan ketua partai kami pak Setya Novanto saat mukernas di Bali," katanya.

Selain Nasdem, Rita mengatakan bahwa pihaknya juga telah menjalin komunikasi politik dengan partai lain.

"Karena sebelum ke Nasdem ini kami juga menyerahkan berkas pendaftaran ke Partai PPP Kaltim," tegasnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017