Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 20 petani dari Kabupaten Paser akan mengikuti Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) XV di Provinsi Aceh pada 6-11 Mei 2017.
     
"Ada 20 petani Paser hari ini diberangkatkan untuk mengikuti Penas KTNA di Provinsi Aceh," kata Wakil Bupati Paser Mardikansyah tim KTNA, di Tanah Grogot  Jumat.

Acara pelepasan itu digelar di ruang rapat sadurengas dan dihadiri para asisten, Kepala SKPD serta pimpinan KTNA Kabupaten Paser.

Keberadaan KTNA Paser menurut Mardikansyah, sangat mendukung keberhasilan pembangunan pertanian di daerah itu.

"Selain di bidang pertanian, petani juga sudah mendukung pemerintah di bidang perikanan serta peternakan di Kabupaten Paser," ujar Mardikansyah.

Para petani kata Mardikansyah, merupakan penggerak pembangunan bidang pertanian dan perikanan seperti pekebun, peternak, nelayan, dan pembudidaya ikan.

Pemkab Paser lanjut Mardikansyah berharap, Penas KTNA dapat menjadi forum untuk menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan.

"Dengan Penas KTNA, mereka dapat saling berbagi pengalaman usaha tani atau budidaya melalui berbagai kegiatan yang mengarah pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan," ucap Mardikansyah.

Dalam Penas KTNA lanjut ia, petani dapat meningkatkan pengetahuan seperti temu lapang, temu usaha, sarasehan, asah terampil, pameran, studi banding, dan sebagainya.

Petani tambahnya, juga diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan yang memiliki daya saing dengan lapangan pekerjaan di bidang lainnya.

"Setelah mengikuti Penas KTNA, petani bisa membantu membangun skala usaha yang memiliki posisi tawar dan berdaya saing," ujar Mardikansyah. (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017