Penajam (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan demplot atau kebun percontohan untuk diperlihatkan kepada peserta Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ke-45 tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

"Kebun PKK sebagai demplot atau kebun percontohan itu telah dirancang sejak Agustus 2016 dan disiap digunakan pada kegiatan HKG PKK tingkat Kaltim," jelas Koordinator Pembangunan Kebun PKK Kabupaten Penajam Paser Utara Eko Nurcahyo ketika dihubungi di Penajam, Senin.

Kebun PKK Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut ditanami bawang merah, cabai, tomat, buncis dan kacang panjang. Selain itu juga ada tanaman timun, semangka dan melon serta puluhan pot tanaman stroberi.

Ia menjelaskan pada demplot itu terdapat kebun terbuka dan kebun tertutup berupa "green house" atau rumah hijau yang terbagi dalam empat bagian.

Dalam kebun tertutup atau rumah hijau tersebut terdapat tanaman anggrek, tanaman obat keluarga, buah-buahan, dan sayur mayur yang ditanam secara "hidroponik" atau tanpa menggunakan tanah.

"Diharapkan tanaman yang ada di rumah hijau itu mampu memberikan pengetahuan bagi seluruh peserta HKG PKK tingkat Kaltim," kata Eko Nurcahyo.

Panitia pelaksana juga menyiapkan gazebo sebagai tempat istirahat para peserta HKG PKK Provinsi Kaltim di area Kebun PKK tersebut.

"Mudah-mudahan Kebun PKK, baik kebun terbuka maupun kebun tertutup itu dapat memberi kesan dan contoh yang mudah ditiru seluruh peserta," tambah Eko Nurcahyo.

Sebagai tuan rumah HKG PKK tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang digelar 25-28 April 2017, Kabupaten Penajam Paser Utara mempersiapkan sarana prasarana lainnya untuk menunjang kegiatan HKG PKK ke-45 tersebut.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga mempersiapkan Gedung Olahraga sebagai pusat kegiatan HKG PKK ke-45 tingkat Provinsi Kalimantan Timur. (Kominfo PPU)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017