Penajam - (ANTARA Kaltim) - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak memimpin upacara peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-67 dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat atau Linmas ke-55 di halaman Kantor Bupati Penajam Paser Utara.

"Semangat harus terus ditumbuhkembangkan bersama, kendati berbeda budaya tetapi memiliki tujuan yang sama sebagai penegak peraturan daerah," kata Gubernur Awang Faroek Ishak dalam sambutannya pada upacara HUT Satpol PP dan HUT Linmas tersebut, Kamis.

Awang Faroek Ishak juga merasa bangga dan memberikan apresiasi kepada anggota Satpol PP dan Linmas atas pengabdiannya mengemban tugas memberikan perlindungan dan pelayanan yang tulus untuk mewujudkan rasa tertib, tentram dan aman kepada masyarakat.

Tema peringatan HUT Satpol PP dan HUT Linmas 2017 tingkat Privinsi Kalimantan Timur tersebut mengambil tema meningkatkan peran Satpol PP dan Linmas dalan menjaga kemajemukan masyarakat di daerah.

Menurut Awang Faroek Ishak kemajemukan tidak asing dalan kehidupan berbangsa dan bernegara, karena Negara Indonesia lahir dari keanekaragaman suku, agama, budaya dan bahasa yang tersebar luas dalam ribuan pulau.

"Negara Indonesia memiliki empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," jelas Gubernur.

Satpol PP dan Linmas lanjut Awang Faroek Ishak, merupakan potensi besar yang harus dimanfaatkan untuk menjaga kemajemukan masyarakat dengan berbagai kegiatan, seperti pelindung masyarakat, ditersi, pengamanan dan pertahanan, penaggulangan bencana serta kegiatan lainnya.

"Saya mengimbau segenap komponen pemerintahan untuk bersama-sama menjalin kerja sama agar ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dapat memecah belah kesatuan bangsa dapat di atasi," ujar Gubernur.

Awang Faroek Ishak menegaskan tinggalkan paradigma atau pola pikir dari dilayani menjadi melayani, sehingga pelayanan masyarakat dapat dilaksanakan dengan optimal.

Gubernur juga menginstruksikan PNS (pegawai negeri sipil), termasuk TNI dan Polri di Kalimantan Timur, harus memiliki komitmen yang kuat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Peringatan HUT Satpol PP ke-67 dan HUT Linmas Ke-55 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, yang digelar di Kabupaten Peajam Paser Utara tersebut mulai dilaksanakan sejak 20 hingga 24 Maret 2017 itu, diwarnai dengan berbagai kegiatan bakti sosial.

Selain itu juga diramaikan dengan pertandingan bola voli pantai dan catur, lomba kemampuan dan ketahanan fisik, senam kesegaran jasmani, serta sarasehan. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017