Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Balikpapan punya tempat tujuan wisata baru seperti rumah-rumah di kampung nelayan Teluk Seribu, Manggar Baru, yang ada di sisi utara Sungai Manggar dicat warna-warni, selain ada juga tembok yang dilukis sebagai mural dan grafiti.

"Di sini juga ada jalan tiga dimensi, kemudian pengunjung juga bisa sewa perahu nelayan untuk menelusuri Sungai Manggar melihat bekantan dan bangau tongtong," kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di Balikpapan, Selasa.

Kampung Teluk Seribu di Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, itu terletak 24 km utara Balai Kota Balikpapan di Klandasan.

Jalan tiga dimensi adalah jalan semen yang pada permukaannya dibuat lukisan juga, yaitu lukisan dengan gaya 3 dimensi. Satu dari lukisan itu adalah lukisan lubang besar di tanah dengan sebatang balok di atasnya yang seolah-olah bisa dipakai menyeberang.

Wali Kota berharap destinasi baru ini menambah jumlah kunjungan ke Balikpapan dan bisa juga memberikan pemasukan kepada masyarakat, terutama yang ada di sekitar, dan akhirnya juga bisa membuat masyarakat lebih bersemangat dan kreatif.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Oemy Facessly, wisata di Teluk Seribu akan ditambahkan wisata kuliner. Pengunjung akan disuguhi berbagai hidangan makanan laut dari hasil tangkapan nelayan seperti ikan, udang, dan kepiting. Wisata kuliner ini akan dikelola warga dalam wadah kelompok sadar wisata di tingkat RT dan kelurahan.

"Nanti juga akan kami adakan pelatihan buat jadi pemandu wisata (guide). Pesertanya adik-adik usia SMA yang mungkin putus sekolah," tambah Facessly.

Di sisi lain, Wali Kota melihat beberapa hal masih perlu dibenahi. Toilet umum, jalan masuk yang lebih jelas terlihat, hingga tempat istirahat seperti gazebo.

"Jadi orang berkunjung bisa lebih nyaman lagi," kata Wali Kota. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017