Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 1.863 peserta memeriahkan parade dan pawai budaya, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Kabupaten Paser.
     
"Para peserta parade terdiri dari pegiat seni, paguyuban  hingga drumband tingkat pelajar baik TK hingga SLTA yang jumlah pesertanya mencapai 1.863 orang," kata panitia acara Parade Budaya HUT ke-57 Kabupaten Paser Murniati, di Tanah Grogot, Rabu.

Peserta parade budaya itu diantaranya, Kelompok Sanggar Budaya Sanggar Kemilau Paser, Dayak Paser Pedalaman, Kuda Lumping Bhineka Nusantara, Paser Berkerai, Kelompok Etnis Banjar, Jawa, Batak, Bali, hingga Kelompok Etnis Madura.

Parade budaya tersebut bergerak dari depan Kantor Bupati Paser menuju Jalan Jenderal Sudirman dan berakhir di Simpang Lima Plaza Kandilo yang merupakan panggung atraksi.

Di panggung atraksi, hadir Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, Ketua DPRD setempat Kaharudin, Komandan Kodim 0904 Tanah Grogot Letkol Arm Mulyadi, Waka Polres Paser Kompol Sandy Sultan serta para Kepala SKPD.

Di depan panggung atraksi, setiap kelompok seni, etnis, budaya hingga drum band menampilkan aksinya di depan Bupati Paser beserta unsur pimpinan daerah.

Ribuan masyarakat Paser juga terlihat antusias menyaksikan parade tersebut.

Sementara Satuan Lalu Lintas Polres Paser juga nampak membantu mengatur arus lalu lintas.

Parade Budaya tersebut dimulai pukul 09.00 Wita, menampilkan aksi drumband sejumlah murid TK yang turut serta dalam kegiatan itu.

"Saya mengapresiasi  parade budaya ini. Diharapkan dengan adanya parade budaya, kita dapat menghargai nilai-nilai budaya dan kesenian di negara kita." ujar Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi.

Penampilan atraksi yang diberikan panitia selama lima belas menit setiap kelompok, tidak berjalan dengan baik sehingga banyak peserta parade menunggu mengantre cukup panjang di bawah cuaca yang terik.

Yusriansyah juga mengatakan, pemerintah di tahun selanjutnya akan menganggarkan dana untuk kegiatan serupa guna mendukung kelestarian kesenian dan budaya asli Indonesia. (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016