Samarinda (ANTARA Kaltim) - Atlet taekwondo Kalimantan Timur Ruhil menyatakan kesiapannya bersaing dalam seleksi nasional dan program promosi degradasi tim inti pemusatan latihan nasional proyeksi SEA Games 2017 Malaysia.

Ruhil yang ditemui di Samarinda, Kamis, mengatakan motivasinya semakin berlipat untuk berebut tempat utama di pelatnas, usai meraih dua medali emas pada kejuaraan antar-mahasiswa di Mataram, Nusa Tenggara Timur, 28-30 Oktober 2016.

"Saya meraih emas di nomor pomsae (seni) kategori berpasangan dan tim. Hasil itu menambah kepercayaan diri saya," katanya.

Raihan dua medali emas pada ajang kejuaraan antar-mahasiswa itu sedikit menutupi kekecewaannya setelah hanya meraih medali perak di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat.

"Terus terang mental saya sedikit kendur usai PON, karena banyak sekali hal yang tidak terduga terjadi, tapi saat ini saya sudah melupakan semuanya dan tinggal berkonsentrasi di pelatnas," jelasnya.

Ruhil segera balik ke Jakarta untuk bergabung dengan pelatnas, karena informasinya segera memulai program latihan.

"Pertengahan bulan ini bakal ada seleksi ulang dan kemudian akan ditentukan tim inti pelatnas," jelasnya.

Ruhil bertekad memberikan kemampuan terbaiknya untuk merebut tempat inti di pelatnas, karena sangat ingin bisa berlaga pada SEA Games 2017 di Malaysia.

"Makanya, meskipun saat ini masih libur usai mengikuti kejuaraan di Mataram, saya tetap menjalani latihan untuk menjaga kebugaran badan," ujarnya.

Menurut ia, persaingan memperebutkan tempat utama di pelatnas cukup ketat, karena atlet dari berbagai daerah juga memiliki potensi yang sama untuk lolos.

"Saya akan berusaha maksimal, kalaupun saya akhirnya gagal, terpenting saya sudah mencobanya dengan seoptimal mungkin," tambahnya.

Ketua Pengprov Taekwondo Indonesia Kaltim Andi Harun menambahkan Ruhil merupakan salah satu taekwondoin terbaik yang dimiliki Kaltim dan berharap atlet peraih perak PON 2016 itu bisa memperkuat Indonesia di ajang SEA Games 2017.

"Dia atlet potensial dan saya optimistis dia bisa masuk tim inti pelatnas SEA Games," ujarnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016