Bandung (ANTARA Kaltim) -  Tim anggar Kalimantan Timur meraih medali emas cabang olahraga anggar kategori floret beregu putri Pekan olahraga Nasional XIX/2016 Jawa Barat yang berlangsung di convention hall Hotel Haris, Bandung, Senin.

Tim Kaltim yang menurunkan Cintya Pua, Herlin herviana, Atika Zahrina, dan Miftahul Jannah akhirnya bisa menyudahi perlawanan tim DKI Jakarta yang menurunkan Voryn Thalya Kiriweno, Inka Mayasari, Alisa Gozali, dan Shela Sumulang dengan skor sangat ketat 45-44.

Laga final floret beregu putri mempertemukan tim Kaltim dan DKI Jakarta berlangsung cukup sengit, karena kedua tim saling mengejar angka, dan sama-sama bisa memimpin perlahan angka.

Pada babak awal tim Kaltim sempat landing unggul lima angka, namun tim DKI bisa menyalip di babak pertengahan hingga mendekati babak kesembilan atau terakhir.

Tim DKI sempat unggul 44 poin sementara tim Kaltim dengan 41 poin, namun Cintya Pua atlet Kaltim yang diturunkan oleh tim Kaltim mampu mengejar skor, dan akhirnya bisa membalikan keadaan menjadi 45-44.

Keberhasil tim floret putri Kaltim meraih medali emas disambut sukacita dan tangisan haru para pelatih, official dan semua atlet.

Ketua IKASI Kaltim, Muslimin menyatakan syukur atas medali emas tim Kaltim, yang memang telah dinantikan sejak PON tahun 2000 di Jawa Timur.

" Kami menantikan emas cukup panjang, sudah empat kali pon kami gagal, dan alhamdulilah baru PON kali ini kita bisa meraih medali emas,"kata Muslimin.

Cyntia Pua yang pada PON tahun ini baru bergabung dengan tim Kaltim, mengakui sempat gugup ketika menjadi pemain penentu kemenangan untuk tim Kaltim.

"Awalnya saya sempat gugup, karena tim kami ketinggalan poin, dan saya yang dijadikan sebagai penentu kemenangan, tapi saya yakin dan percaya saya akan bisa, dan saya bersyukur bisa melalui perjuangan berat ini dengan hasil yang membanggakan,"jelasnya.

Senada dengan Cyntia, Herlin Herviana juga mengaku sempat tegang ketika bertarung di babak final, tapi Ia mengaku beban itu mulai berkurang ketika rekan dan pelatihnya terus memberikan motivasi.

Dengan tambahan satu emas di kategori floret putri ini tim Kaltim total telah mengantongi satu emas satu perak dan dua perunggu, sementara peluang Kaltim untuk menambah medali masih terbuka lebar utamanya di kategori beregu putra.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016