Samarinda (ANTARA Kaltim) - Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak secara resmi melepas kontingen Kaltim yang akan berlaga pada PON XIX 2016 Jawa Barat, bertempat di pelataran Kantor Gubernur Kaltim , Jumat.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengingatkan kepada atlet Kaltim untuk menjaga kondisi fisik dan mental, sehingga para pejuang olahraga benua Etam tersebut bisa berjuang optimal saat pertandingan.

"Saya harapkan prestasi lima besar yang dicanangkan oleh KONI Kaltim bisa terwujud, dan Kaltim tetap bisa menjadi provinsi terbaik di luar pulau Jawa,"jelasnya.

Awang juga mengingatkan kepada semua kontingen untuk bisa membawa nama baik Kaltim saat berlangsungnya PON 2016, dia berharap para atlet Kaltim tetap mengikuti proses pertandingan PON hingga acara penutupan.

"Jangan sampai mereka datang di acara pembukaan, lalu pulang dan tidak mengikuti acara penutupan,"jelasnya.

Terkait dengan bonus, Gubernur kembali mempertegas bahwa bonus untuk atlet peraih emas telah ditetapkan senilai Rp250 juta, dan akan dianggarkan melalui APBD Kaltim 2017.

Tidak semua atlet pelatih dan pengurus cabang olahraga serta pengurus KONI Kaltim yang tergabung dalam kontingen Kaltim untuk PON 2016 menghadiri acara yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional tersebut.

Menurut Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya pada pesta olahraga tahun ini kontingen Kaltim berkekuatan sebanyak 651 atlet dan 213 pelatih, ofisial teknis serta manajer. Selain itu, masih ada 147 orang atlet dari 11 cabang olahraga ekshibisi.

"Tidak seluruh atlet hadir karena memang sebagian sudah berangkat dan menjalani persiapan di venus pertandingan PON,seperti atlet layar, dayung, golf, sofbol, dan wushu," katanya.

Zuhdi mengatakan bahwa pada PON tahun ini kontingen Kaltim ditargetkan meraih posisi lima besar, atau mepertahankan prestasi yang dicapai pada PON sebelumnya di Riau.

Ia mengatakan bahwa semua cabang olahraga telah dibebankan target medali masing-masing oleh KONI Kaltim, meski ada sejumlah cabang olahraga yang menjadi andalan lumbung medali seperti Gulat dan Angkat berat dan Angkat besi.

Ia mengatakan bahwa pada PON 2016 akan dibuka pada 17-29 September dan akan mempertandingkan 44 cabang olahraga yang akan memperebutkan 756 medali emas, 756 medali perak dan 980 perunggu dengan melibatkan 9.533 atlet. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016