Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Kabupaten Paser, mendapatkan bantuan 134 unit alat mesin pertanian dari pemerintah untuk dibagikan kepada kelompok tani di daerah itu.

Penyerahan alat pertanian itu, dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mewakili pemerintah pusat kepada Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi di kantor bupati setempat, Senin.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim M. Ibrahim, Kepala Distanbun Paser Abdur Rasyid serta para kepala SKPD setempat.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan, alat mesin pertanian merupakan bantuan dari pemerintah pusat dengan harapan dapat membantu para petani yang ada di Kabupaten Paser.

"Semoga bantuan ini menjadikan Paser swasembada pangan pada tahun 2017," kata Awang Faroek.

Sementara itu Kepala Distanbun Paser Abdur Rasyid mengatakan, alat mesin pertanian yang diberikan beragam.

"Alat mesin pertanian yang diberikan itu yakni, traktor roda dua 71 unit dan motor roda tiga dua unit," kata Abdur Rasyid
     
Selain itu lanjut ia terdapat pompa air empat unit, alat tanam padi atau "rice transplanter" atau mesin penanam padi otomatis sebanyak 14 unit.
     
"Alat panen atau 'combine harvester' sedang 13 unit, alat panen atau 'combine harvester' kecil 17 unit, 'power Tresher' atau mesin perontok padi multiguna dua unit dan 'power tresher' biasa tujuh unit," ujar Rasyid.
     
Selain alat tanam dan alat panen padi lanjut Rasyid, terdapat juga "Corn sheller" atau mesin pemipil jagung yakni mesin untuk memisahkan biji jagung dari janggelnya yang berjumlah sebanyak empat unit.

"Semua alat itu diberikan kepada sejumlah kelompok tani yang tersebar di seluruh kecamatan di Paser," tutur Rasyid.
 
Terkecuali kata dia, Kecamatan Tanjung Harapan yang pada umumnya masyarakat di daerah itu bekerja sebagai nelayan," katanya.   (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016