Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 50 veteran pejuang kemerdekaan di Kalimantan Timur menerima bantuan renovasi rumah dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang dilakukan PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Kaltim, dan PT Hutama Karya.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat didampingi Dirut PKT Bakir Pasaman dan Dirut Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra menyerahkan secara simbolis tiga rumah yang selesai direnovasi (dua di Bontang dan satu di Balikpapan) bersamaan peringatan HUT Ke-71 Kemerdekaan RI yang dipusatkan di Bontang, Kaltim, Rabu.

Salah satu rumah diserahkan kepada Bunga Walung, janda dari veteran PKRI Djumadi, dan kemudian satu lagi diserahkan kepada Hadiah, janda veteran PKRI Andjo, yang beralamat di Kelurahan Berbas Tengah RT-034 Kecamatan Bontang Selatan, yang sekaligus tempat acara serah terima program bedah rumah veteran.

Aas Asikin mengatakan program bedah rumah veteran yang pelaksanaannya bekerja sama dengan Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman sudah berjalan sekitar dua bulan.

"Tahap awal, tim kami bersama Pupuk Kaltim dan Hutama Karya serta dari Kodam telah melakukan survei ke Samarinda, Balikpapan, Bontang, Berau, Tenggarong, dan Tanah Grogot," jelasnya.

Survei itu untuk melihat kondisi rumah-rumah para veteran yang sudah tidak layak dan perlu mendapat bantuan renovasi.

"PT Pupuk Indonesia juga menunjuk PT Pupuk Kaltim sebagai pelaksana dari program bedah rumah ini," tambah Aas.

Direktur Utama PT Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra menambahkan berdasarkan survei terhadap 50 rumah milik veteran yang tersebar di berbagai daerah di Kaltim, diketahui bahwa sebagian besar dari rumah tersebut tidak memiliki lantai, dinding, atap, dan fasilitas MCK yang layak.

"Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan, kami pikir program ini sangat baik untuk menghargai jasa-jasa para veteran terhadap perjuangan kemerdekaan kita," katanya.

Untuk program ini, biaya renovasi setiap rumah dialokasikan sekitar Rp40 juta, sehingga total untuk bedah rumah ini anggaran yang disalurkan Pupuk Indonesia, Pupuk Kaltim dan Hutama Karya sekitar Rp2 miliar.

Menurut jadwal, program bedah rumah dilaksanakan bertahap mulai Juli hingga Desember 2016. "Jadi, perbaikan rumah benar-benar sesuai dengan kebutuhan para veteran," tambah Gusti Ngurah Putra.

Selain bedah rumah veteran, beberapa kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri di Kaltim, antara lain pembinaan narapidana dan mantan atlet, Siswa Mengenal Nusantara, nonton bareng film bersama ratusan pelajar, jalan sehat, pasar murah, pembangunan tempat penitipan anak di pasar, pengadaan air bersih, pesta rakyat, serta BUMN Mengajar. (*)

Pewarta: DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016