Samarinda (ANTARA Kaltim) – Perwakilan BKKBN Kaltim melakukan sosialisasi tentang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kepada sejumlah Mahasiswa / Mahasiswi Universitas Mulawarman (Unmul) yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“Kami memberikan pembekalan kepada para mahasiswa terkait program KKBPK,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Sukaryo Teguh Santoso di Samarinda, Rabu (10/9).

Ia mengatakan mahasiswa yang melakukan KKN akan turun kedesa-desa melaksanakan programnya dan disisipkan nantinya tentang program KKBPK. Jadi sebelum mereka terjun langsung dimasyarakat mereka harus mengetahui tentang kependudukan dan KB, oleh karena itu perlu diberi pembekalan dan pemahaman.

Menurutnya isu tentang kependudukan menjadi isu krusial , orang harus tau apa sih kependudukan dari aspek jumlah, aspek kualitas, mobiltas dan persebarannya. Jika sudah mengetahui tentang itu apa permasalahannya dan bagaimana cara mengantisipasinya.

“Diharapkan mahasiswa KKN paling tidak mereka mengetahui untuk dirinya apa konsep kependudukan dan KB , yang tidak kalah pentingnya lagi mereka dapat menularkan kepada masyarakat , membantu mensosialisasikan,” katanya.

Diakui Teguh sosialisasi yang dilaksanakan oleh para mahasiswa KKN memang tidak maksimal, namun setidaknya mereka dapat mengingatkan kepada Kepala Desa dan warga bahwa program KB kembali digaungkan dan ternyata masih ada.

Ditegaskannya bahwa sosialisasi tentang program kependudukan dan KB terus dilakukan kepada para mahasiswa, pengambil kebijakan , ekskutif dan legeslatif. Banyak orang mengetahui tentang kependudukan, tapi tidak mau melaksanakannya.

“Program kependudukan dan KB penting, tetapi menjadikan program prioritas di daerah tidak semua kepala daerah maupun SKPD melaksanakan, hal itu terlihat misalnya dari dukungan pembiayaan , tenaga PLKB, hanya mengandalkan kader dan suka relawan,” katanya.

Sukaryo Teguh Santoso berharap upaya yang dilakukan BKKBN dengan menggandeng semua pihak akan menuai keberhasilan, menekan laju pertumbuhan penduduk, menciptakan SDM berkualitas serta meningkatkan kesejahteraan keluarga. (*)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016