Penajam (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 57 pengemudi angkutan umum di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bersaing menjadi peserta pada ajang Pemilihan Sopir Teladan atau Abdi Yasa 2016 tingkat kabupaten.

"Sopir angkutan umum tidak sekadar mampu menjalankan kendaraan, tapi banyak hal yang harus dipelajari dan dipahami," kata Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar, saat membuka kegiatan Pemilihan Sopir Teladan di Penajam, Selasa.

Menurut ia, beberapa hal yang harus dipahami seorang pengemudi angkutan umum, di antaranya harus memiliki kesadaran pribadi, mampu memerhatikan keselamatan pribadi maupun penumpang, serta juga para pengguna jalan lainnya.

"Semua orang punya hak yang sama untuk menggunakan jalan yang ada, sehingga sopir angkutan umum harus memerhatikan aspek itu untuk terciptanya keselamatan semua pengguna jalan," ujar Tohar.

Selain itu, lanjut Tohar, sopir angkutan umum juga harus bisa memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang.

"Jadi, nilai-nilai tersebut harus dipahami dan tertanam dalam diri seorang sopir angkutan umum," tambahnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara Ady Irawan menjelaskan ajang Pemilihan Sopir Teladan atau Abdi Yasa ini dilaksanakan setiap tahun, untuk memilih sopir angkutan umum terbaik yang akan mewakili Kabupaten Penajam Paser Utara ke ajang lebih tinggi.

"Peserta terdiri dari sopir angkutan kota, pedesaan maupun sopir travel yang terpilih, mereka juga mendapatkan arahan yang disampaikan oleh para pemateri," jelasnya.

Pemilihan sopir teladan tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara diisi pemateri dari Jasa Raharja, Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, kepolisian, dan Dishubbudpar Kominfo setempat.

Seluruh peserta memperoleh materi seputar profesi sebagai awak angkutan umum, untuk menekan jumlah kecelakaan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Kami akan mencari nominasi Abdi Yasa terbaik 1, 2 dan 3, serta harapan 1, 2 dan 3, yang selanjutnya akan mengikuti Pemilihan Sopir Teladan tingkat Provinsi Kaltim," ucap Ady Irawan.

Pada ajang pemilihan tahun 2015, perwakilan dari Kabupaten Penajam Paser Utara berhasil meraih peringkat terbaik. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016