Tana Paser, 20/7 (Antara) - Pemerintah memberikan bantuan dana sebesar Rp1 miliar kepada 50 Kelompok Usaha Bersama (KUBe) di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, untuk kegiatan pengembangan usaha.

"Ada 50 kelompok yang mendapatkan bantuan, jadi setiap kelompok mendapatkan Rp20 juta. Bantuan itu berasal dari APBN 2016," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Paser Amiruddin saat penyerahan bantuan KUBe di Pendopo Kabupaten Paser, Rabu.

Dalam acara yang dihadiri Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi itu, ia menjelaskan kelompok penerima bantuan tersebar di lima kelurahan, masing-masing Kelurahan Tanah Grogot 12 kelompok, Long Kali (19), Kuaro (6), Muara Komam (5), dan Long Ikis (8).

"Setelah menerima bantuan, kelompok yang berhasil dan mandiri diharapkan dapat bekerja sama dengan perbankan dalam pengembangan usahanya," tambahnya.

Ia menambahkan Pemkab Paser juga akan memberikan bantuan dana pendampingan kepada kelompok usaha tersebut agar usahanya semakin berkembang dan maju.

"Selain itu, Pemprov Kaltim juga sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp400 juta untuk bantuan pengembangan usaha bagi 20 KUBe," ujar Amiruddin.

Kasubid Bimbingan Teknis Stimulasi dan Penanganan Kementerian Sosial Etty Rahmiyanti yang hadir pada acara itu, berharap dana yang diberikan kepada kelompok usaha dapat dimanfaatkan dengan baik dan tepat sasaran.

"Bagi KUBe penerima bantuan diharapkan usahanya segera cepat menghasilkan sehingga keuntungannya dapat dirasakan," katanya.

Menurut ia, kelompok usaha yang bisa cepat berkembang, antara lain KUBe warung sembako, tani sayuran, katering, dan jenis usaha lain yang tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan laba.

"Kalau untung bisa didapat dengan waktu yang relatif singkat, saya kira kelompok usaha akan lebih cepat berkembang," ujarnya. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016