Samarinda (ANTARA Kaltim) - Gubernur Kaltim   Awang Faroek Ishak berharap seluruh umat muslim di Kaltim memanfaatkan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijirah sebagai media introspeksi diri atas berbagai kesalahan sikap yang telah dilakukan. Instrospeksi diri, selanjutnya akan membangkitkan semangat kebersamaan hingga kondusifitas daerah tetap terjaga dengan baik.

“Kita patut bersyukur, perayaan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijiriah  berlangsung  aman dan damai. Kondisi ini harus dipertahankan dengan cara meningkatkan persatuan dan kesatuan, saling toleransi antarwarga yang satu dengan yang lain. Terpenting kita harus banyak lakukan introspeksi diri,” kata Awang Faroek Ishak di sela Open House akhir pekan lalu.

Introspeksi akan membangkitkan kesadaran bahwa kebersamaan akan membawa amal kebaikan bukan saja di dunia tetapi juga di akhirat. Selain itu, dengan hikmah kebersamaan maka apa pun masalah dan kendala yang dialami dalam kehidupan ini pasti akan terselesaikan dengan baik.

"Apabila kita dapat memahami hikmah Hari Raya Idul Fitri, maka hal itu secara langsung akan memberikan pengaruh pada terwujudnya hubungan yang harmonis, kedamaian dan kesejahteraan bersama. Karena hanya dengan keharmonisan dan kedamaian itulah, maka kesejahteraan lahir dan batin dapat kita capai dengan baik," tambah Gubernur,  

Perayaan  Idul Fitri  juga diharapkan membangkitkan kesadaran umat muslim, khususnya generasi muda Islam untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, teguh pendirian dan cinta terhadap agama, masyarakat, bangsa dan negara.

"Idul Fitri  menyadarkan kepada kita pentingnya mengevaluasi apa yang sudah terjadi, apa yang menjadi prestasi atau keberhasilan, maupun yang menjadi kelemahan atau kekurangan untuk diperbaiki dan ditingkatkan di tahun mendatang," jelasnya.

Gubernur melanjutkan, tantangan ke depan pasti akan semakin pelik, baik di bidang pemerintahan, pembangunan, termasuk pembangunan di bidang sosial dan keagamaan. Oleh karena itu, Gubernur mengajak semua komponen daerah ini untuk selalu bersama pemerintah menggalang persatuan dan kesatuan agar Kaltim ke depan tetap kondusif, maju dan masyarakatnya berakhlak mulia.

"Sehubungan dengan ini, saya sangat berterimakasih atas dukungan masyarakat sehingga roda pemerintahan dan jalannya pembangunan dapat kita laksanakan dengan baik menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. Jika kita kompak, kita harus optimis, bahwa Kaltim akan lebih maju," tegas Gubernur. (Humas Prov kaltim/mar)

 

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016