Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur terus menggandeng banyak pihak dalam upaya menyukseskan program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB).

"Selama ini sudah terjalin kerja sama dengan banyak pihak seperti dengan TNI, kepolisian, organisasi keagamaan, dan sejumlah pihak lain. Sambil terus berjalannya kerja sama ini, kita harus terus menggandeng pihak lain agar program KKB lebik sukses," ujar Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Kaltim Sukaryo Teguh Santoso di Samarinda, Senin.

Hal itu dikatakan Teguh ketika ditemui setelah melantik dan melakukan mutasi terhadap 11 pejabat, terdiri dari dua pejabat eselon III dan sembilan pejabat eselon IV di lingkungan BKKBN Provinsi Kaltim.

Demi menggairahkan semangat para pejabat eselon untuk merangkul mitra kerja lebih banyak dan meningkatkan kinerja masing-masing bidang, lanjutnya, maka mutasi yang dilakukan ini menjadi salah satu cara yang ditempuhnya, selain berbagai program lain yang telah dilakukan selama ini.

Menurutnya, pergantian pejabat di suatu instansi merupakan hal yang wajar demi pembinaan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Perpindahan jabatan dimaksudkan untuk memperluas pengalaman, wawasan, dan kemampuan PNS meningkatkan kinerja.

"Jabatan bukan merupakan hak dan bukan kepemilikan, namun merupakan kepercayaan yang harus dijalankan dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing," katanya.

Demikian pula dengan penugasan, pejabat yang ditunjuk tidak dalam posisi memilih suka atau tidak suka, karena penugasan merupakan amanah yang tidak dapat ditolak setiap PNS.

Penempatan seseorang pada jabatan tertentu baik karena mutasi horisontal maupun karena promosi, lazim dilakukan di setiap instansi untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja.

"Di BKKBN Kaltim, mutasi dimaksudkan sebagai penyegaran untuk menghindari kejenuhan dalam melaksanakan program masing-masing bidang. Pengembangan karier tidak semata untuk kepentigan pegawai, namun diutamakan untuk melakukan pemantapan organisasi," ujar Teguh.

Sedangkan 11 PNS BKKBN Kaltim yang dimutasi itu antara lain Acmad Taqdir menjadi Sekretaris, Karlina sebagai Kabid Advokasi, Penggerakkan, dan Informasi, Sudibyo sebagai Kasubid Kerjasama Pendidikan Kependudukan, dan Ronny Situmorang sebagai Kasubid Advokasi, Komunikasi, Informasi, dan Edukasi. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016