Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur siap menggelar "9th Brunei Indonesia Malaysia Philipina-East ASEAN Growth Area" atau BIMP EAGA Friendship Games 2016.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di Samarinda, Senin, menyatakan daerah itu ditunjuk sebagai penyelenggara BIMP EAGA Friendship Games 2016 karena dinilai sukses menggelar berbagai kegiatan tingkat nasional.

"Apalagi, Kaltim memiliki sarana dan prasarana olahraga bertaraf nasional dan internasional yang tersebar bukan hanya di Kota Samarinda, tetapi juga di beberapa kabupaten dan kota lain," ujarnya.

"Jadi, Kaltim siap menyukseskan penyelenggarakan BIMP EAGA Friendship Games 2016 yang akan dilaksanakan pada 6-12 Desember 2016. Seluruh Kepala SKPD menjadi panitia penyelenggara dan mulai sekarang harus berbenah dengan mempersiapkan segala keperluan yang akan dipergunakan pada kegiatan itu," kata Awang Faroek Ishak.

Pada penyelenggaraan BIMP-EAGA Friendship Games, katanya, Provinsi Kaltim mengusung tri sukses, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses ekonomi kerakyatan.

"Sukses prestasi diharapkan dari atlet-atlet Kaltim yang sudah berpengalaman. Bahkan Kaltim terbaik dalam peningkatan prestasi di luar Pulau Jawa," katanya.

Ia berharap, kegiatan tersebut bisa mencapai hasil yang maksimal dalam mengharumkan nama Kaltim khususnya dan Indonesia pada umumnya.

"Saya juga berharap, kegiatan ini juga bisa mengangkat sukses peningkatan ekonomi kerakyatan. Mulai sekarang para pelaku UMKM sudah mempersiapkan produk yang akan dijual. Siapkan kulinernya, begitu juga dengan promosi objek wisata Kaltim jangan sampai dilewatkan," tutur Awang Faroek.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Fachrudin Jafrie mengatakan peserta dari Indonesia akan diikuti 15 provinsi, yakni Kalimantan Timur sebagai tuan rumah, kemudian Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulaewsi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Negara lain yang berpartisipasi, yakni Brunei Darussalam, Malaysia meliputi Serawak, Sabah dan Labuan, Filipina yang terdiri Mindanao dan Palawan, serta Australia (Darwin Northern Territory).

"Cabang olahraga yang akan dipertandingkan, yaitu futsal, sepak takraw, panahan, pencak silat, bulu tangkis, bola basket, atletik, voli pantai, tenis meja, tenis lapangan, karate, dan golf sebagai cabang eksebisi," kata Fachrudin. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016