Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur membuka pendaftaran peserta seleksi Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari/Kapal Pemuda Nusantara (LNRPB/KPN) 2016.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim Fachruddin Djaprie, di Samarinda, Rabu mengatakan, pendaftaran LNRPB/KPN itu berlangsung sejak 21 April hingga 30 Mei 2016.

"Seleksi dilakukan untuk memilih remaja atau pemuda terbaik Kaltim yang akan dikirim mengikuti LNRPB/KPN 2016," kata Fachruddin Djaprie.

LNRPB/KPN dilaksanakan pada 12 September-19 Oktober 2016 dengan rute pelayaran dimulai dari Jakarta-Belinyu-Dabo Singkep-Pulau Bintan-Tarempa-Pulau Laut-Pontianak-Karimata, kemudian kembali ke Jakarta.

"Seleksi ini kami buka berdasarkan Surat Kementerian Pemuda dan Olahraga RI melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda yang melaksanakan LNRPB/KPN dalam rangka Sail Karimata 2016 di Kalimantan Barat," ujar Fachruddin Djaprie.

Tujuan kegiatan itu lanjut Fachruddin Djaprie, sebagai upaya meningkatkan kesadaran para peserta LNRPB/KPN bahwa kekayaan alam yang terkandung dalam laut sangat besar dan saat ini belum dikelola dan dimanfaatkan dengan maksimal.

Tujuan lainnya tambahnya, meningkatkan motivasi seluruh peserta untuk membuka peluang usaha dengan memanfaatkan kekayaan alam baik bidang produksi maupun jasa.

"Peserta seleksi minimal berusia 18 tahun dan maksimal 24 tahun. Peserta bisa dari unsur Satuan Tugas Organisasi Kepemudaan (OKP), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Resimen Mahasiswa (Menwa), Pramuka dan Pemuda Pondok Pesantren," jelasnya.

"Kuota peserta yang akan mewakili Kaltim adalah tiga orang, terdiri dari dua putra dan satu putri. Mereka yang akan mengikuti seleksi syaratnya yakni, pendidikan minima SLTA sederajat dan belum menikah," tutur Fachruddin Djaprie.

Pendaftaran kata Fachruddin Djaprie, dilaksanakan setiap hari kerja yakni mulai Senin hingga Kamis mulai pukul 09.00-15.00 Wita dan pada Jumat pukul 09.00-11.00 wita.

"Dengan catatan, calon peserta harus membawa makalah tentang mengenal potensi kebaharian atau kelautan, dengan persyaratan minimal 10 halaman, kertas ukuran A4 dengan spasi satu seper dua ukuran," katanya.

"Waktu seleksi 1-3 Juni 2016. Tempat pendaftaran di Kantor Dispora Kaltim Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Bidang Pemuda," ujar Fachruddin Djaprie.(*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016