Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Paser, merilis data jumlah rumah tangga yang hidup di bawah garis kemiskinan yakni mencapai 25.611 rumah tangga.

"Hingga Mei 2016, tercatat ada 25.611 rumah tangga di Kabupaten Paser masih berada di bawah garis kemiskinan," kata Kepala BPS Kabupaten Paser, Bahramsyah, saat dihubungi di Tanah Grogot, Senin Jumlah tersebut kata Bahramsyah, didasarkan pendataan yang dilakukan BPS Paser dengan mengacu pada sejumlah indikator yang telah ditetapkan sehingga kategori rumah tangga sangat miskin bisa dibedakan dengan kategori rumah tangga cukup mampu.

"Tingkat hunian, pendidikan, kesehatan, kemampuan untuk berobat, jenis pekerjaan, merupakan ukuran BPS dalam mengklasifikasi rumah tangga sangat miskin itu," ujar Bahramsyah.

Sementara lanjut dia, rumah tangga yang dikategorikan cukup mampu di Kabupaten paser yakni sebanyak 4.116 rumah tangga.

"Rumah tangga yang masuk kategori cukup mampu masuk pada profesi pegawai, pedagang dan pengusaha," kata Bahramsyah.

Data yang terhimpun tersebut tambah Bahramsyah, merupakan pencacahan data yang diperoleh petugas BPS bersama mitra statistik.

"Selain petugas dari BPS Paser, ada juga mitra statistik yang melakukan pendataan dan pencacahan yakni, staf pada masing-masing desa serta peran serta masyarakat setempat," tutur Bahramsyah.

Jumlah rumah tangga di Kabupaten Paser kata dia yakni sebanyak 29 ribu rumah tangga dan dua pertiganya adalah rumah tangga sangat miskin.

"Hampir dua per tiga penduduk Paser hidup di bawah garis kemiskinan atau sangat miskin," kata Bahramsyah.    (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016