Penajam (ANTARA Kaltim) - Kementerian Pertanian berencana membangun jaringan pipa untuk irigasi sepanjang 12 kilometer di Kabupaten Penajam Paser Utara, pada tahun ini.

Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar, saat dihubungi di Penajam, Senin mengatakan, pipanisasi tersebut akan dibangun mulai dari Sungai Talake di Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser, menuju wilayah Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Saya menyambut baik rencana pembangunan pipa untuk irigasi lahan pertanian dari Sungai Talake menuju Desa Sebakung itu," ujar Yusran Aspar.

Namun, Yusran Aspar tetap berharap agar Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, juga segara membangun pintu air di sejumlah irigasi di wilayah Penajam Paser Utara, sebelum musim kemarau.

Menurut dia, pintu air tersebut dapat menampung air hujan sehingga pada saat musim kemarau, air tampungan itu bisa dimanfaatkan para petani, untuk mengairi lahan persawahan mereka.

"Pintu-pintu air itu juga berfungsi untuk menahan air masuk ke lahan persawahan milik para petani," kata Yusran Aspar.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Timur, Ibrahim, saat rapat koordinasi pemantapan pelaksanaan Pekan Daerah KTNA, di Penajam Kamis (14/4) mengatakan, pembangunan pipanisasi tersebut dijadwalkan mulai dilaksanakan pada pertengahan 2016.

"Pipanisasi yang dibangun mulai dari Sungai Talake itu, diprediksi mampu mengairi 1.000 hingga 2.000 hektare areal persawahan," jelasnya.

Selain mendapatkan bantuan pipanisasi program Kementerian Pertanian, pada tahun ini (2016) sejumlah kelompok tani Kabupaten Penajam Paser Utara lanjut Ibrahim, juga mendapatkan bantuan 20 unit mesin pertanian, meliputi mesin tanam dan mesin penen dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Timur.      (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016