Samarinda (ANTARA Kaltim) - Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak meminta Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya minta agar PMII Kaltim tetap eksis dan terus mendorong pembangunan daerah serta terus menjaga keutuhan NKRI," ujar Awang Faroek Ishak, saat membuka Musyawarah Wilayah II Ikatan Alumni PMII Kaltim di Hotel Mesra Samarinda, Sabtu.

PMII kata Awang Faroek Ishak selama ini cukup berkontribusi pada berbagai sektor termasuk banyaknya alumni PMII yang memegang posisi strategis baik di pemerintahan maupun di legislatif di Provinsi Kaltim.

"Saya mengapresiasi kiprah PMII yang dilakukan selama ini termasuk memberikan kontribusi pada berbagai sektor. Jadi, saya meminta baik kepada PMII maupun para alumni yang tergabung dalam IKA-PMII agar terus memberikan kontribusinya pada pembangunan di Provinsi Kaltim," kata Awang Faroek Ishak.

Sementara, Ketua Panitia Muswil IKA PMII Kaltim, Syafruddin menyatakan, selain akan memilih kepengurusan baru, palaksanaan muswil tersebut juga akan menyusun gagasan dalam mendukung program pembangunan serta membahas kriteria figur calon pasangan gubernur dan wakil gubernur yang dinilai punya kreativitas dan solusi mengatasi merosotnya keuangan di Kaltim.

Ia menyatakan, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan Nahdatul Ulama, IKA-PMII tambah Syafruddin juga punya komitmen dalam memerangi terorisme serta mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia.

"Mempertahankan kedaulatan NKRI tentu adalah komitmen kami sebab sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Nahdatul Ulama, IKA-PMII punya sejarah dengan terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia," tutur Syafruddin.

Selain dibuka Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Muswil IKA-PMII lanjut Syafruddin juga dihadiri Sekjen IKA-PMII Khaerul saleh serta seluruh kader dari 10 kabupaten/kota.

Wakil Ketua Panitia Herman A Hasan, menyatakan melalui rapat formatur yang beranggotakan 9 orang , Rusman Yaqub akhirnya terpilih sebagai Ketua IKA-PMII Kaltim periode lima tahun ke depan yang menggantikan Undunsyah yang saat ini menjabat sebagai Bupati Tanah Tidung, Provinsi Kalimantan Utara.

"Pada rapat formatur yang berlangsung hingga pukul 19.10 Wita malam ini, menetapkan Rusman Yaqub sebagai Ketua IKA-PMII Kaltim menggantikan Undunsyah yang akan berkonsentrasi membentuk IKA-PMII Kalimantan Utara," kata Herman.

Selain telah menyelesaikan pemilihan kepengurusan, Muswil II IKA-PMII juga lanjut Herman telah merumuskan berbagai program terkait pembangunan yang akan disampaikan ke Pemerintah Provinsi Kaltim.

"Gagasan yang dihasilkan pada muswil ini akan disampaikan ke Pemerintah Provinsi Kaltim sebagai bentuk kontribusi IKA-PMII pada pembangunan di daerah," tutur Herman.       (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016