Samarinda (ANTARANews-Kaltim) - Pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil Kota Samarinda secara on line sempat mengalami gangguan akibat robohnya tower/antena "Web LAN" sejak 19 Januari 2010 diterpa angin kencang.

Kini, program Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) on line untuk pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil kota Samarinda kembali normal sejak  12 Mei 2010. Hal itu disampaikan kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) kota Samarinda H Muhadi didampingi Kabag Humas dan Protokol Setda Samarinda HM Faisal di Samarinda, Rabu.

Muhadi menjelaskan berbagai upaya telah dilakukan paska robohnya tower itu. pada siang harinya terus dilakukan pembersihan antena, kemudian pada 22 Januari merehabilitasi instalasi di Dinas Kependudukan dan Cpil pelayanan yang ada di kecamatan dipusatkan di Dinas dan bisa berjalan lancar.

“Tapi tidak maksimal mengingat keterbatasan sarana dan prasarana,” imbuh dia.

Selanjutnya mengajukan permohonan DPA Belanja langsung kegiatan tahun anggaran 2010, ternyata sampai Mei juga belum bisa direalisasikan.

Muhadi menyebutkan kontrak kerja pengadaan tower antara dinasnya dengan PT Infodata Solusi Cipta telah habis masa garansi, sehingga harus mengajuka DPA baru lagi.

“Tapi karena sampai Mei juga belum bisa direalisasikan, kami melakukan koordinasi secara intensif dengan PT Infodata Solusi Cipta, ternyata mereka menyatakan kesediaannya secara moral untuk membantu semua perbaikan antena tersebut hingga dapat dipergunakan kembali untuk pelayanan KTP dan KK seperti semula,” imbuhnya.

Kemudian, katanya pada 3 Mei 2010 pihak PT Infodata mengirimkan peralatan lengkap sekaligus mengadakan pemasangan tower setinggi 52 meter dan dibiaya sepenuhnya oleh mereka (PT Infodata)

Pewarta:

Editor : Iskandar Zulkarnaen


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2010