Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Gelombang pasang dan abrasi pantai yang terjadi di sepanjang Pantai Manggar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mengakibatkan sebuah rumah warga di Jalan Rekreasi RT 13 roboh dan tenggelam pada Selasa sore.


"Kami memperoleh informasi satu rumah mau roboh milik seorang warga, tapi diisi tiga KK. Kejadian sekitar jam 4.30 Wita," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, Suseno.


Kawasan RT 13 tersebut mengalami banjir akibat luapan air laut. "Tidak ada korban jiwa, kerugian ada tapi sedang didata," tambahnya.


Suseno tidak bisa menjelaskan apakah naiknya air laut itu terkait dengan terjadinya gerhana matahari total.


Dari Foto yang didokumentasikan Grup Info Bencana, terlihat sebuah rumah atapnya hampir menyentuh air laut. Kondisi rumah miring ke depan dan menjadi tontonan sejumlah warga sekitar.


Di kawasan RT 13, terutama di Tanjung Kelor, Manggar, merupakan daerah rawan terkena abrasi dan gelombang air laut, karena permukiman warga berada di muara atau ujung sungai Manggar.


Pemkot Balikpapan dan Pemprov Kaltim sejak beberapa waktu lalu memasang beton sebagai pemecah gelombang, namun belum banyak berpengaruh karena belum tuntasnya pengerjaan. (*)

Pewarta: Rendy Wirawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016