Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Rita Widyasari dan Edi Damansyah resmi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara, setelah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, Rabu di Convention Hall, Samarinda.

Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari dan wakilnya Edi Damansyah, dilantik bersama-sama dengan lima Kepala Daerah lainnya yakni, Bupati dan Wakil Bupati Berau, Kutai Timur, Paser, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda serta Bupati dan Wakil Bupati Mahakam Ulu.

Usai melantik enam pasangan Kepala Daerah hasil pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015, Awang Faroek mengharapkan kepala daerah yang baru dilantik dapat menjalankan amanah rakyat, untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

"Kini saatnya kita melangkah bersama untuk melanjutkan kinerja dengan mewujudkan janji-jani guna mensejahteraka rakyat. Pergiat bekerja siang dan malam untuk percepatan kesejahteraan masyarakat di daerah masing-masing," harap Awang Faroek.
 
Awang Faroek juga menekankan agar kepala daerah yang baru dilantik memastikan semua rakyat bisa menikmati infrastruktur dengan baik, yaitu jalan dan jembatan, listrik, air bersih, tranportasi murah dan terjangkau, kesehatan dengan kulaitas yang baik, daya beli yang kuat serta pembukaan lapangan kerja baru untuk serap pengguran.

Ia juga berpesan agar bupati/Wali kota melakukan langkah konkrit dalam mengentaskan kmiskinan dan mengatasi kesenjangan sosial.

Awang Faroek berpesan agar penyelenggaraan pemerintah daerah diarahkan untuk mensejahterakan masyarakat dan kepala daerah wajib menjamin terselanggaranya pelayanan publik yg semakin baik, serta peningkatan kinerja pegawai, melakukan inovasi dalam semua bentuk pembaharuan dan peningkatan daya saing daerah.

"Jadilah dwi tunggal, saling melengkapi, bekerjalah dengan baik, amanah, timbulkan kepercayaan masyarakat kepada pemimpin, seringlah berada di tengah masyarakat," pesan Awang Faroek.
 
Pemilihan Kepala Daerah serenta di Kaltim menurut Awang Faroek telah berjalan aman, damai, demokratis, sehingga apresiasi tinggi patut diberikan kepada seluruh pihak yang berperan dalam suksesnya pilkada itu.

Ia juga mengapresiasi kepada penjabat (Pj) bupati/Wali kota atas pengabdiannya, sehingga roda pemerintahan berjalan normal.

Acara pelantikan tersebut dihadiri pejabat Pemprov Kaltim, Komisi Pemilihan Umum (KPU), tokoh masyarakat masing-masing daerah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta SKPD dari enam kabupaten kota yang Kepala daerahnya dilantik.   (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016