Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri berencana akan menghadiri seminar Kesehatan dan Keselamatan Kerja Nasional dan pameran K3 tahun 2016 di Platinum Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (11/2).

Dalam memperingati bulan K3 tersebut Hanif sebagai pembicara utama dalam seminar K3 Nasional dan pameran K3 tahun 2016.

Ketua Bidang Seminar Nasional K3 Marslina di Balikpapan, Selasa, mengatakan bahwa selain Menaker turut hadir Dirjen, Direktur K3 Kementerian Tenaga kerja RI bersama jajaran, Ketua Asosiasi Jasa Perusahaan K3 Indonesia (APJK3), Isradi Zainal, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Vokasi K3 (APJK3), Santoso dan Indonesia Petroleum Asosiasi, Agung Sihwayudi.

"Kehadiran menteri dalam acara ini juga sekaligus ingin melihat implementasi budaya K3 yang kini juga menjadi salah satu konsentrasi perhatian Kementerian Tenaga Kerja," kata Marslina.

Acara seminar sekaligus dilaksanakan pameran yang diisi oleh perusahaan, universitas dan rumah sakit dimana ada 12 stand yang telah disediakan, katanya.

"Pak Menteri juga sekaligus akan meninjau stand pameran K3 dan mengunjungi kantor Total Indonesie di jalan Minyak untuk melihat langsung penerapan implementasi budaya K3 dan SDM di Total," kata Marslina.

Pada kesempatan yang sama Ketua APJK3, Indonesia Isradi Zainal menjelaskan bahwa tujuan lain kedatangan Pak Menaker ke Balikpapan yakni ingin melakukan kerja sama dengan APJK3 dalam penerapan implementasi K3 di Indonesia.

"Kalau perlu kita akan mengusulkan pelajaran K3 wajib diterapkan di seluruh universitas yang ada di Indonesia agar budaya K3 semakin bagus," kata Isradi.

Di lain sisi Isradi juga menilai pelaksanaan budaya K3 di Balikpapan dan Kalimantan Timur (Kaltim) dikatakan yang terbaik dibandingkan daerah-daerah lain di Indonesia.

"Bahkan perayaan peringatan bulan K3 hanya kota Balikpapan yang terbilang menggelarnya dengan sangat meriah," kata Isradi. (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016