Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan anggaran operasional untuk Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum atau UPT-PU Kecamatan sekitar Rp4 miliar hingga Rp6 miliar pada 2016.

"Besaran anggaran operasional untuk UPT PU Kecamatan itu tergantung luasan dan program di masing-masing kecamatan, sehingga pada 2016 ini dana operasional UPT-PU dianggarkan antara Rp4 miliar sampai Rp6 miliar," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Permukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Panajam Paser Utara Alimuddin saat dihubungi di Penajam, Minggu.

Alimuddin menjelaskan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara berupaya meningkatkan anggaran operasional UPT-PU Kecamatan, karena masih banyak usulan proyek pembangunan dari masyarakat di masing-masing kecamatan yang belum terakomodasi.

"Masing-masing UPT-PU Kecamatan dapat melakukan seluruh pekerjaan pembangunan dan pemeliharaan jalan lingkungan dan jalan usaha tani," kata Alimuddin.

Ia menambahkan UPT-PU dituntut mampu menangani dan melayani setiap keluhan dan persoalan masyarakat terkait pembangunan desa dan kelurahan di masing-masing kecamatan.

Alimuddin juga berharap UPT-PU di masing-masing kecamatan mampu melakukan upaya pemeliharaan infrastruktur jalan, baik jalan lingkungan maupun jalan usaha tani secara menyeluruh di setiap desa dan kelurahan.

Sementara untuk target masing-masing UPT-PU Kecamatan pada 2016, Alimuddin menjelaskan lembaga itu akan melakukan pembangunan jalan usaha tani maupun jalan lingkungan di setiap desa dan kelurahan sepanjang 40 kilometer.

"Target tersebut sama dengan target pada 2015 lalu," kata Alimuddin.      (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016