Penajam (ANTARA Kaltim) - Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar mendatangi sejumlah tempat pemungutan suara guna memantau langsung jalannya pemilihan kepala desa atau pilkades serentak di 14 desa di daerah setempat, Selasa.

Dalam kegiatan itu, Yusran Aspar didampingi Kapolres Penajam Paser Utara AKBP Raden Djarot, Kepala Kejaksaan Negeri Zulfikar Tanjung dan perwakilan Kodim 0913.

Rombongan bupati mengawali kunjungan di TPS 1 Desa Girimukti, Kecamatan Penajam, selanjutnya memantau jalannya pilkades di Desa Sesulu dan Api-api (Kecamatan Waru), Desa Babulu Darat, Sebakung Jaya dan Rawa Mulya di Kecamatan Babulu.

Dalam pemantauan ini, pilkades serentak pertama di Penajam Paser Utara berjalan dengan lancar dan aman, koarena didukung pengamanan dari jajaran kepolisian, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Sejak jauh hari, Yusran Aspar meminta kepada seluruh calon kepala desa, panitia penyelenggara dan masyarakat yang terlibat dalam pilkades untuk selalu menjaga sportifitas dan kejujuran.

Bukan hanya itu, Yusran Aspar juga mengingatkan kepada seluruh panitia pilkades untuk melaksanakan sesuai aturan, jangan sampai terjadi kegaduhan di desa karena adanya pelanggaran.

"Bila semua ini semua dapat bejalan dengan baik, maka insya-Allah pilkades akan berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya.

Dari pantuan di sejumlah TPS di masing-masing desa, partisipasi pemilih untuk menyampaikan hak suaranya cukup tinggi, salah satunya seperti tampak di TPS 2 Desa Sebakung Jaya, Kecamatan Babulu.

Di TPS ini, jumlah pemilih sebanyak 599 orang dan hingga pukul 12.00 Wita yang menyalurkan hak pilihnya mencapai sekitar 95 persen.

"Kami pastikan sebelum pukul 13.00 Wita siang setelah pencoblosan TPS ditutup, pemilih mencapai 100 persen. Di Desa Bangun Mulya ada dua TPS dengan jumlah pemilih keseluruhan lebih kurang 1.100 orang," ujar salah satu petugas TPS. (Adv/*)

Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015