Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebagai salah satu tonggak persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda yang terjadi 28 Oktober 1928 lalu dapat kita maknai sebagai sebuah sejarah yang tahun ini kita peringati ke-87 tahun.

Persatuan dan kesatuan dalam Sumpah Pemuda mengandung nilai-nilai Pancasila untuk mewujudkan kecintaan terhadap Tanah Air. Oleh sebab itu demi mewujudkan kecintaan pada Tanah Air dalam kehidupan sehari-hari, kita terus diingatkan agar mengamalkan setiap sila dalam Pancasila.

Demikian Ketua DPRD Kaltim M Syahrun mengingatkan generasi muda bangsa Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur. " Generasi muda adalah mereka-mereka yang nanti akan masuk dan duduk pada fase mendatang, memimpin setiap titik-titik tiang penopang negara tercinta kita," ungkap Haji Alung --sapaan akrab Ketua DPRD Kaltim, Selasa (27/10) kemarin.

Mengingatkan hal ini tentu bukan untuk kepentingan individual, namun berbicara tentang sebuah bangsa yang besar.  Bangsa yang merdeka melalui perjuangan panjang yang wajib kita hargai bersama. Apalagi para pejuang kita terdahulu rela berkorban demi keutuhan bangsa.

“Tugas kita saat ini adalah menjaga dan mempertahankan keselamatan bangsa dan negara. Apalagi di zaman modern seperti saat ini, banyak budaya yang tak sesuai dengan nilai luhur bangsa ini. Jika tidak dikendalikan akan membahayakan generasi muda yang menjadi harapan kita bersama," sebutnya.

Sebagaimana diketahui, 78 tahun lalu para  pemuda mencetuskan sumpah untuk kesatuan bangsa. Isinya;kami putra-putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, Tanah Air Indonesia. Kedua, kami putra-putri Indonesia mengaku, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan ketiga kami putra-putri Indonesia mengaku, menjunjung bahasa satu bahasa Indonesia.

"Isi dari Sumpah Pemuda yang telah terikrar setidaknya dapat diamalkan melalui kegiatan-kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh generasi muda, putra-putri kita. Prestasi dapat diwujudkan dengan mempelajari potensi diri yang dimiliki setiap orang," harap politikus Golkar ini. (Humas DPRD Kaltim/adv)


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015