Tenggarong (ANTARA Kaltim) -  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, akan memamerkan berbagai hasil kerajinan melalui Gelar Produk Kreatif pada Festival Kota Raja yang akan dilaksanakan mulai 28 September hingga 11 Oktober 2015.

"Berbagai kerajinan lokal akan tampil di Gelar Produk Kreatif di FKR 2005 ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kartanegara Sri Wahyuni di Tenggarong, Senin.

Pelaksanaan Festival Kota Raja itu akan diawali dengan ziarah ke makam para Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura pada 28 September 2015.

Sementara kegiatan yang akan ditampilkan dalam festival tersebut antara lain Pentas Seni Nusantara yang digelar 3-4 Oktober 2015, Festival Tari Kreasi Jepen pada 5-6 Oktober 2015, Pentas Komunitas 5-11 Oktober 2015 serta pemilihan Teruna Dara 2015 pada 5-7 Oktober 2015.

"Puncak kemeriahan FKR 2015 ditandai dengan Tenggarong Kutai Carnival (TKC) pada 10 Oktober 2015. FKR akan ditutup pada 11 Oktober 2015 sekaligus dirangkai penyerahan hadiah berbagai kegiatan yang dilaksanakan selama FKR," ujar Sri Wahyuni.

Penampilan TKC menurut Sri Wahyuni, merupakan kegiatan karnaval berstandar nasional yang juga dimeriahkan oleh ajang bakat anak-anak.

"TKC tahun ini akan mengusung tema kostum Pesut Mahakam, Sumpit dan Buah Bolok," ujarnya.

Kegiatan yang digelar pada FKR tersebut kata Sri Wahyuni, merupakan acara yang menarik dan spektakuler, gabungan antara seni tradisi dan kotemporer yang melibatkan para pelaku seni dan berbagai komunitas.

Festival Kota Raja digelar sejak 2015 untuk memeriahkan hari jadi Kota Tenggarong, Ibu Kota Kabupaten Kutai Kartanegara yang berdiri sejak 28 September 1782.

Sri berharap kegiatan FKR tersebut selain memberikan kemeriahan dalam hari jadi Kota Raja Tenggarong, juga dapat menarik minat wisatawan untuk datang ke Ibu Kota Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Berbagai kegiatan FKR yang menarik untuk disaksikan tersebut sangat sayang untuk dilewatkan. Jadi silahkan datang ke Tenggarong," ucap Sri Wahyuni. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015