Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Citra Satelit NOAA kembali mendeteksi 18 titik panas atau hotspot di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, Wahyu Widhi Heranata di Samarinda, Senin mengatakan ke 18 titik panas terdeteksi per 13 September 2015.

Titik panas yang terpantau di wilayah Kaltim itu tersebar pada sembilan hotspot di Kabupaten Paser, lima titik panas di Kabupaten Berau, tiga titik panas di Kabupaten Kutai Kartanegara serta satu di Kutai Barat.

Sebelumnya lanjut Wahyu Widhi Heranata, yakni pada Sabtu (12/9), citra Satelit NOAA:18 mendeteksi dua titik panas di wilayah Kaltim yakni masing-masing satu titik panas di Kota Balikpapan dan Kabupaten Kutai Barat.

Citra Satelit Aqua per 12 September 2015 tambahnya, mendeteksi enam titik panas berada di wilayah Kalimantan Utara yakni, empat berada di Kabupaten Bulungan dan dua titik panas di Kabupaten Malinau.

Satelit Aqua juga mendeteksi 89 titik panas di wilayah Kaltim dan terbanyak berada di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan 29 titik panas, di Kutai Timur sebanyak 26 titik panas, sebanyak 11 titik panas di Kutai Barat, 10 titik panas di Kabupaten Paser, empat di Kabupaten Mahakam Ulu serta tiga di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sementara, pada Sabtu (12/9), citra Satelit Terra juga mendeteksi sembilan titik panas di Kabupaten Kutai Barat, masing-masing enam di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser, dua titik panas di Kutai Timur serta satu titik panas di Penajam Paser Utara.(*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015