Samarinda (ANTARA Kaltim) -   Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo Kota Samarinda  kerjasama dengan  Kementerian Komunikasi & Informatika melalui Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan akan menggelar pelatihan teknis.

“Pelatihan  teknis  dan Sertifikasi  SKKNI Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tersebut    sekaligus juga digelar  uji kompetensi untuk tenaga ahli madya TIK ,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo Kota Samarinda, HM Faisal di Samarinda, Kamis.

.Ia mengatakan pelatihan teknis itu akan digelar pada  18 hingga 21 September 2015 dan jumlah peserta  akan dbatasi hanya  sebanyak 80 orang  sesuai kouta yang telah diberikan.
Adapun  peserta yang  akan mengikuti  bimbingan  atau pelatihan  itu adalah mereka lulusan SMK/D1/D2/D3 jurusan TIK  yang di kota Samarinda dan sekitarnya.

“Yang lebih diutamakan peserta  jurusan TIK  dan  telah memiliki ijazah serta  belum bekerja,” katanya.

Menurutnya  pelaksanaan  bimbingan pelatihan tersebut  tidak dipungut biaya alias  gratis dan  biasanya  animo masyarakat cukup besar. Jika jumlah peserta melebihi kouta  yang ada maka akan dilakukan  seleksi administrasi.

Selama  pelatihan semua keperluan peserta akan ditanggung oleh panitia  mulai  dari  akomodasi dan  konsumsi serta  keperluan lainnya.

HM Faisal menjelaskan  tujuan digelarnya pelatihan dan uji kompetensi tersebut tentunnya  akan menambah  kemampuan dan keterampilan   yang artinya mereka  memiliki  potensi dan peluang kerja di bidang TIK.

Dia berharap  setelah mengikuti bimbingan atau pelatihan  tersebut para peserta akan mampu bersaing untuk memenuhi pasar kerja khususnya dibidang TIK, karena Teknologi Informasi selalu berkembang sesuai kemajuan zaman.

Faisal menambahkan untuk  pendaftaran  telah dibuka mulai sekarang  dan ditutup tanggal 14 September 2015.  Bagi yang berminat bisa langsung datang ke Kantor  Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo Kota Samarinda di Jalan Dahlia No.69. (*)


Pewarta: Rachmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015