Samarinda (ANTARA Kaltim) – Tim Kesenian dan Kebudayaan Kota Samarnda berhasil meraih juara umum pada Festival Borneo 2015   yang dilaksankan pada 1-6 September lalu di kompleks Stadion Madya  Sempaja Samarinda.

"Alhamdulillah di Festival Borneo  2015 merupakan even tahunan  Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kaltim,  dahulunya bernama Festival Kemilau Seni Budaya Banua Etam, tim Samarinda  berhasil  meraih  juara umum,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo kota Samarinda, HM Faisal, Senin (7/9).

Ia mengatakan  tim Samarinda  mampu  mempertahankan gelar Juara I untuk tari kreasi daerah  kategori tari pesisir atau yang lebih dikenal dengan tari kreasi Jepen  dalam dua tahun terakhir  berhasil meraih prestasi. Begitu juga dengan   penampilan musik  dan lagu daerah.

Bahkan  katanya ada peningkatan signifikan tahun ini dimana tim seni dan budaya kota Samarinda berhasil meraih prestasi di semua kategori lomba. Untuk lomba tari kreasi daerah kategori pesisir meraih juara I selama dua tahun  dua tahun berturut-turut yang diwakili oleh sanggar BSBI.  

Selanjutnya  untuk  tari kreasi daerah kategori pedalaman  mearaih  juara III diwakili oleh sanggar Telabang. Sedangkan  kategori parade budaya daerah meraih juara III  dan karnaval budaya meraih juara II  yang diwakili  komunitas Samarinda Sarung Carnival.

"Sedangkan busana kreasi batik berhasil  meraih  juara II  yang tahun ini di wakili oleh desainer  Wahyu Se'rachman., kemudian Puteri Pariwisata meraih juara III  dan untuk lomba musik  serta  lagu daerah kembali meraih juara I   untuk keempat kalinya,” katanya.

Faisal berharap sejumlah prestasi dan  predikat juara umum pada Festival Borneo 2015  dapat dipertahankan  di semua kategori seni budaya yang diperlombakan. Bahkan dirinya sedang mempersiapkan regenerasi dibidang seni budaya, untuk diperlombakan pada Festival Mahakam  yang akan  digelar 6-8 November  2015.

“Saya berterima kasih  kepada semua  tim seni budaya  kota Samarinda yang telah mempersiapkan diri dan berlomba dengan sportif untuk mengharumkan nama kota Samarinda di pentas seni  dan budaya. Diharapkan  apa yang  sudah diraih  merupakan  awal untuk   lebih baik di tahun-tahun yang akan datang," ujarnya.(*)

Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015