Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan, telah menyiapkan 4.232 ekor sapi untuk mengantisipasi tingginya permintaan masyarakat saat hari raya Idul Adha yang jatuh pada 24 September 2015.

"Kami telah menyiapkan 4.232 ekor sapi baik di petani maupun milik pedagang dalam menghadapi hari raya kurban. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir akan kehabisan stok hewan kurban," ungkap Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arief Murdiyatno, saat dihubungi di Penajam, Jumat.

Selain memastikan kecukupan stok sapi kata Arief Murdiyatno, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, juga melakukan pemantauan agar sapi-sapi yang ada tersebut, tidak cacat dan tidak membawa penyakit, baik anthrax maupun penyakit hewan lainnya.

"Menjelang Idul Adha, kami membentuk tim pengawasan hewan kurban yang melibatkan semua petugas dan staf untuk memantau hewan kurban sebelum dan sesudah disembelih," kata Arief Murdiyatno,

Pengawasan hewan ternak lanjut dia, merupakan agenda rutin Dinas Pertanian dan Peternakan dan tim pengawas hewan kurban tersebut akan melakukan pemeriksaan hewan kurban baik yang ada di pedagang maupun di peternakan.

Namun Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, kata Arief Murdiyato akan lebih meningkatkan pengawasan hewan ternak menjelang Idul Adha, karena biasanya banyak pedagang hewan ternak dari luar yang masuk ke Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sebelum dilakukan pemotongan terhadap hewan kurban itu, terlebih dahulu harus diperiksa dan tim pengawas akan memastikan daging sapi produksi dari penyembelihan hewan kurban memenuhi syarat ASUH (aman sehat utuh dan halal) sebelum dibagikan kepada masyarakat," ujar Arief Murdiyatno.     (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015