Bontang (ANTARA Kaltim) - Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kota Bontang menggelar pelatihan dan bimbingan teknis bagi 25 Kelompok Usaha Bersama, sekaligus memberikan bantuan untuk meningkatkan ekonomi produktif.

Wali Kota Bontang Adi Darma, Senin, mengemukakan Kelompok Usaha Bersama (KUBe) merupakan bagian dari rencana pemerintah dalam usaha menurunkan angka kemiskinan.

Pelatihan ini menjadi salah satu usaha memberdayakan KUBe untuk meningkatkan pendapatannya dan bisa berdampak positif bagi fakir miskin di Kota Bontang ke depannya.

"KUBe merupakan implementasi program pemberdayaan fakir miskin yang dirangkai dengan berbagai kegiatan guna meningkatkan kesejahteraan sosial, sehingga bisa terlaksana fungsi sosialnya. Pemerintah Kota Bontang berharap melalui bantuan yang diberikan, berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh KUBe bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga," katanya.

Sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kota Bontang, lanjutnya, kegiatan ini merupakan satu dari usaha pemerintah yang tertuang dalam program prioritas pembangunan, yakni kesempatan bekerja/berusaha.

Melalui pemberdayaan sosial dengan bantuan langsung pada masyarakat, Pemerintah Kota Bontang berharap kegiatan ini bisa menumbuhkan usaha ekonomi produktif bagi keluarga miskin dan diharapkan bisa memperkuat cikal bakal usaha ekonomi kreatif atau usaha rumahan yang telah ada.

"Untuk menyukseskan usaha, Pemkot Bontang berharap agar kelompok  yang menerima bantuan dapat memberdayakan diri dan kelompoknya, sehingga bisa digulirkan pada keluarga miskin lainnya. Hal ini dilakukan dalam rangka usaha memperkuat ketahanan ekonomi keluarga," tambah Adi Darma.

Untuk menjadi KUBe yang berkembang dan mandiri, Pemerintah Kota Bontang mengimbau kepada peserta dapat mengikuti pleno latihan wajib Kelompok dan bimbingan teknis dengan serius, serta memperhatikan materi-materi yang diberikan narasumber.

Adi Darma juga menyampaikan rencana Pemkot Bontang melakukan integrasi program lima juta per RT (Prolita) dan KUBe
.
 "Masyarakat Kota Bontang sudah bisa merasakan hasil dari program ini seperti pengadaan jenset, kursi, alat-alat makan, dan lain-lain. Keberadaan KUB di kelurahan/RT menginisiatif pemerintah membantu dengan Prolita plus-plus, dengan menambah bantuan dana pada RT di kelurahan yang memiliki KUB," jelasnya.

Sekedar informasi, terdapat 10 KUBe yang mendapat bantuan dana dari APBD Kota Bontang, sedangkan 15 KUBe lainnya mendapatkan bantuan dana dekosentrasi melalui Dinas Sosial Kaltim. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015