Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, telah membentuk panitia seleksi (pansel) untuk melaksanakan lelang jabatan atau uji kompetensi jabatan eselon II di daerah itu, karena telah mendapatkan persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara.

"Lima nama panitia seleksi sudah disetujui. Kelima panitia seleksi itu yakni, Plt Sekkab Tohar, Asisten III Alimuddin, tenaga ahli bupati Sukardi, mantan Kepala Dishubbudpar Hary Jumiarso serta Muhdar, dari Universitas Balikpapan," ungkap Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar, di Penajam, Selasa.

Uji kompetensi atau lelang jabatan eselon II tersebut kata Yusran Aspar, direncanakan dilaksanakan bulan ini (Agustus).

Pada lelang jabatan tersebut lanjut Yusran Aspar, empat jabatan eselon II akan dilelang secara terbuka yakni, Kepala Bappeda, BKD, Disdikpora dan Kepala BPBD Penajam Paser Utara.

"Jadi, pejabat eselon III akan diberikan kesempatan untuk ikut lelang jabatan eselon II, sepanjang memenuhi persyaratan," kata Yusran Aspar.

Ia menjamin, tidak ada anggota panitia seleksi yang ditunjuk dari unsur masyarakat merupakan orang dekat bupati, seperti yang merebak di kalangan masyarakat selama ini.

"Penunjukan anggota panitia seleksi lelang jabatan eselon II itu, merupakan amanat Undang-undang ASN (aparatur sipil negara) yang terdiri dari unsur birokrat dan dari luar unsur birokrat, yakni masyarakat," ujar Yusran Aspar.

Penujukan tiga orang anggota panitia seleksi dari unsur masyarakat itu menurut Yusran Aspar, tidak mudah karena ketiga orang yang ditunjuk tersebut harus memiliki kriteria, jujur dan kredibel serta pernah menduduki jabatan eselon II.

"Penunjukan tiga orang dari unsur masyarakat untuk menjadi anggota panitia itu sudah melalui tahapan yang selektif dan ketat serta tidak ada nepotisme," ungkap Yusran Aspar.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015