Penajam (ANTARA Kaltim) - Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara, menyiagakan 220 personel gabungan pada Operasi Ketupat 2015 untuk pengamanan Idul Fitri 1436 Hijriyah.

Kepala Bagian Operasional Polres Penajam Paser Utara, Komisaris Polisi Bambang Herkamto di Penajam, Selasa, menjelaskan Operasi Ketupat 2015 yang dilaksanakan mulai H+7, atau tujuh hari sebelum lebaran hingga H-7 atau tujuh hari setelah Idul Fitri tersebut melibatkan 150 personel kepolisian.

Selain itu, kata Bambang Herkamto, Operasi Ketupat juga melibatkan 70 personel baik dari TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubbudpar) serta sejumlah instansi terkait, termasuk Palang Merah Indonesia (PMI) Penajam Paser Utara.

"Petugas itu dikerahkan dalam Operasi Ketupat yang ditempatkan di pos-pos pelayanan dan pengamanan yang menyebar di wilayah Penajam Paser Utara. Pada Operasi Ketupat 2015 ini, kami menyiapkan dua pos pengamanan dan tiga pos pantau," katanya.

"Operasi Ketupat merupakan operasi kemanusiaan, dengan pusat pengamanan terutama tempat-tempat ibadah, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, wisata dan rekreasi yang rawan tindak kejahatan serta jalur lalu lintas rawan kecelakaan," ungkap Bambang Herkamto.

Operasi Ketupat, tambah dia, juga merupakan kegiatan untuk membantu masyarakat melalui pendirian pos pelayanan dan pengamanan untuk lebih mendekatkan polisi dengan masyarakat.

"Pos pelayanan akan dibangun di Pelabuhan Feri dan Petung," ujarnya.

Selain menyiagakan personel kepolisian dan TNI, serta petugas kesehatan, pada pos pelayanan dan pengamanan tersebut, kata dia, juga akan disiagakan mobil ambulans sebagai antisipasi, jika ada pemudik yang perlu mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Penajam Paser Utara.

Selain mendirikan pos pelayanan dan pengamanan, juga didirikan pos pantau di terminal Penajam, Pantai Tanjung Jumlai dan di pelabuhan kapal kayu atau klotok dan "speedboat" untuk menertibkan dan mengamankan arus mudik dan arus balik.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015