Bontang (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Bontang Adi Darma, Selasa, meninjau rumah warga yang menjadi korban terjangan angin puting beliung dan telah selesai direhabilitasi oleh pemerintah kota.

Menurut Adi Darma, rehabilitasi puluhan rumah warga yang rusak di Kelurahan Bontang Kuala tersebut diperkirakan rampung sebelum masuk bulan Ramadhan.

"Sebagian warga telah kembali ke rumahnya masing-masing dan melakukan aktivitas seperti sedia kala. Kegiatan rehabilitasi sering terkendala cuaca yang tidak menentu, tetapi diharapkan bisa selesai sebelum Ramadhan," katanya.

Saat ini, aktivitas warga di Kelurahan Bontang Kuala sudah berangsur-angsur normal, setelah Pemkot Bontang bergerak cepat melakukan penanganan pascabencana angin puting beliung yang terjadi dua pekan lalu.

Selain merehabilitasi rumah warga, Pemkot Bontang bersama Himpunan Psikologi Indonesia dan Forum Anak Kota Bontang juga membantu menghilangkan trauma warga yang menjadi korban angin puting beliung.

Lurah Bontang Kuala Eko Mashudi menjelaskan pengerjaan rehabilitasi rumah warga yang rusak sudah mencapai sekitar 95 persen dan tinggal merampungkan bagian-bagian kecil.

Rehabilitasi rumah tersebut juga melibatkan partisipasi atau gotong royong warga, termasuk ada yang menggunakan dana sendiri.

"Bagi warga yang merehabilitasi rumahnya sendiri dengan dana pribadi tidak perlu khawatir, karena nanti tetap akan diganti pemerintah kota, dengan catatan harus menunjukkan bukti pengeluaran berupa kuitansi," katanya. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015