Bontang (ANTARA Kaltim) - Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Bontang menggelar rapat kerja daerah dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keluarga kecil yang berkualitas.
 
     Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekkota Bontang, Emlizar Muchtar, saat membuka Rakerda BPPKB di Bontang, Selasa, mengatakan rakerda ini bertujuan mengevaluasi kegiatan satu tahun sebelumnya dan membuat rencana ke depan, guna mendukung keberhasilan pemerintah daerah menekan laju pertumbuhan penduduk.

     "Keberhasilan pemkot dalam menerapkan program kependudukan dan keluarga berencana (KB) terlihat signifkan jika dilihat dari penurunan laju pertumbuhan penduduk, penurunan tingkat fertilitas, peningkatan kesadaran masyarakat tentang makna keluarga kecil berkualitas, dan adanya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam mengelola program KB," katanya.

     Emlizar menyayangkan bahwa saat ini kondisi Kota Bontang masih jauh dari harapan, karena tingkat kelahiran masih tergolong tinggi, sehingga sasaran pencapaian kesejahteraan masyarakat yang berkualitas sulit untuk dicapai.

     Menurut ia, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, persebaran lebih proporsional dan sumber daya manusia berkualitas di masa mendatang.

     "Solusi itu, antara lain mengendalikan jumlah penduduk dan meningkatkan kualitas penduduk, serta memperluas kesempatan pendidikan bagi masyarakat, khususnya kaum perempuan," jelasnya.

     Jumlah keluarga yang kecil akan memperbanyak kesempatan bagi orang tua untuk mendidik dan mengasuh tumbuh kembang anak.

     Emlizar menambahkan pemerintah selaku pemangku kebijakan akan lebih berkonsentrasi pada persiapan sumber daya manusia di masa depan melalui program KB, serta memperluas informasi tentang kependudukan dan KB kepada masyarakat.

     "Selain itu, memperluas pendidikan untuk perempuan karena semakin tinggi pendidikan perempuan, semakin dewasa serta perencanaan berkeluarga juga semakin baik," tambahnya.

     Ia juga mengimbau jajaran pengurus BPPKB Kota Bontang untuk selalu melakukan evaluasi program dan advokasi secara terus menerus, serta meningkatkan kerja sama dan koordinasi pada semua tingkatan. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015