Penajam (ANTARA Kaltim) - Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Penajam Paser Utara, menggelar turnemen catur terbuka untuk mencari bibit pecatur di daerah itu.

"Turnamen catur dilaksanakan mulai 14 sampai 16 Mei 2015, dengan diikuti 14 pecatur junior dan 48 pecatur senior. Pertandingan antara senior dan junior digabung dengan sistem ranking, untuk mendapatkan pecatur berkualitas," ungkap Ketua Percasi Penajam Paser Utara, Rozihan Asward, di Penajam, Selasa.

"Kami sengaja menggabungkan antara pecatur senior dan junior dalam turnamen ini, agar menambah pengalaman dan sebagai ajang uji coba persiapan kejauaraan daerah (Kejurda) di Kabupaten Kuta Kartanegara," katanya.

Percasi Penajam Paser Utara kata Rozihan, akan terus menjaring bibit pecatur handal untuk dibina, khususnya pecatur junior.

Percasi lanjut Rozihan, akan berkoorsinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Penajam Paser Utara dalam mengadakan berbagai turnamen.

"Kami akan bekerja sama dengan Disdikpora untuk mencari bibit pecatur yang nantinya bisa diandalkan mengikuti kejuaraan catur dan untuk pecinta catur disarankan membentuk club-club catur," ujar Rozihan.

Pada turnamen terbuka tersebut kata dia, pemenang pertama sampai ketiga mendapatkan tropi dan sertifikat serta uang pembinaan.

Sedangkan untuk pemenang keempat sampai 10 hanya mendapatkan uang pembinaan.

"Untuk menentukan enam pecatur senior dan enam pecatur junior mengikuti Kejurda di Tenggarong, Kabupaten Kukar, Percasi akan melakukan seleksi lagi," ujar Rozihan.

Sementara, Ketua KONI Penajam Paser Utara, Amir Sindrang mengharapkan, berharap, melalui turnamen yang menggabungkan pecatur senior dan junior itu, akan melahirkan pecatur yang handal.

"Turnamen seperti ini juga diharapkan melatih kemampuan dan mental bertanding pecatur junior untuk tidak takut melawan pecatur senior," ungkap Amir Sindrang.

Sekretaris Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, Marjani mengatakan, mendukung sepenuhnya turnamen catur terbuka tersebut, karena selain melatih mental juga menumbuhkan karakter positif anak.

"Kami sangat mendukung dan selalu siap bekerja sama agar siwa-siswi yang menyukai olahraga catur akan menjadi pecatur-pecatur handal yang dapat meraih prestasi yang membanggakan," kata Marjani.      (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015