Bontang (ANTARA Kaltim) - Kota Bontang, Kalimantan Timur, memiliki wilayah laut yang cukup luas dan sejumlah objek wisata laut yang menarik, selain juga dikenal sebagai kota industri pengelola minyak bumi dan gas alam.

     Untuk wisata bahari, Kota Bontang memiliki tiga pulau yang sangat menarik untuk dikunjungi, yakni Pulau Beras Basah, Pulau Kedindingan dan Pulau Segajah.

     Khusus Pulau Segajah, objek wisata ini memiliki keunikan tersendiri, karena merupakan pulau yang terdiri dari hamparan pasir putih yang indah dan hanya bisa dinikmati ketika siang. Jika air laut dalam kondisi pasang, pulau ini akan tenggelam kembali.

     Keunikan Pulau Segajah itu menjadi pemikat warga Bontang dan sekitarnya untuk berkunjung. Warga yang bermukim di pesisir Bontang Utara sudah mengetahui kapan waktu yang tepat berkunjung ke Pulau Segajah, yang bisa ditempuh sekitar 20 menit menggunakan perahu dari Pelabuhan Bontang Kuala.
   
     Selain hamparan pasir putih, Pulau Segajah juga memiliki kejernihan air serta keindahan pemandangan bawah lautnya bisa dinikmati para pecinta olahraga selam atau aktivitas snorkling.

     Menurut Ali Kasim, Pemangku Adat Bontang Kuala, pulau itu dinamakan Pulau Segajah, karena bentuknya menyerupai seekor Gajah.

     Saat ini, setiap akhir pekan atau liburan sekolah, ratusan warga dari Kota Bontang dan luar daerah datang ke pulau tersebut untuk berekreasi.

     "Untuk mengunjungi Pulau Segajah, para wisatawan bisa menyewa perahu atau kapal motor yang sering disebut ketinting. Perahu ini banyak disediakan masyarakat Bontang Kuala," katanya. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015